Trail Honda…??? Seriusannn…???

Yah biasalah bro, kalau melihat gelagat Honda yang terus merangsek ke pasar roda dua tanpa kenal lelah dan peduli akan halangan yang ada di depan mata. Info mengenai trail Honda sebenarnya sudah banyak muncul di blog besar, namun memang kondisi pasar yang sedikit lesu seolah menenggelamkan info tersebut, namun berdasarkan info yang TB terima progress terhadap produk tersebut terus dilakukan.

Nah terlihat kalau Honda nggak bakalan main main dengan segmen trail ini, jelas rencana ini adalah ancaman bagi Kawasaki tentunya. Karena memang segmen ini memang baru dikuasai oleh Kawasaki. Walaupun ada produk lokal yang bermain namun tidak lah signifikan.
Artinya di sini kehadiran Honda K84A yang disinyalir CRF150 jelas memang on track, setelah lebih dahulu harus Africa Twin, dan CRF250L tentu kehadiran CRF150 merupakan sesuatu yang ditunggu. Kehadiran CFR150 merupakan usaha AHM untuk tidak memberikan ruang gerak bagi kompetitor, maupun lengah terhadap usaha kompetitor menciptakan pasar baru. Begitu ceruk pasar mulai berkembang dan menunjukkan trend bagus Honda akan masuk untuk mendominasi.

Kapan yaahhh akan meluncur CRF150..??? Prakiraan banyak pihak bahwa kemungkinan semester 2 tahun 2017 CRF150 akan menampakan wujudnya dipasaran. Artinya nggak lama lagi tohhh, artinya juga usaha Honda untuk betul betul mendominasi pasar Indonesia nggak main main, yahh kita tunggu aja, semakin bagus value produk konsumen akan mendapatkan yang terbaik.

Iklan

Kenapa Kawasaki nggak mau main di Sport 150cc..???

Pertanyaan besar bagi TB dan juga pastinya penyuka motor lainnya. Bagaimana tidak, siapa penyuka motor sport 150cc yang gak kenal dengan kehebatan Kawasaki Ninja 150cc, motor dua tak ini menjadi legenda dan sampai saat ini masih memiliki value yang tinggi di kalangan anak muda. Namun sayang ketika pasar 2 tak semakin terkikis Kawasaki tidak mentransformasikan Ninja 2 Tak 150cc menjadi Ninja 4 tak 150cc. Kenapa…???

Sekarang semua bisa punya Ninja #semuabisapunyaninja

A post shared by Kawasaki Motor Indonesia (@kawasaki_indonesia) on

Tentu yang lebih tahu adalah pihak Kawasaki sendiri, namun dalam pengamatan TB kenapa Kawasaki nggak mau bermain di kelas 150cc 4 tak, jelas lebih kepada hitung-hitungan bisnis saja, karena mereka (Kawasaki) akan bertarung pada segmen dimana raksasa bercokol, jelas ini perlu effort yang kuat, mulai dari dana sampai promosi, pada segmen ini karena pasarnya lumayan baik, jelas pertarungan sangat sengit, Honda, Yamaha sudah memiliki basis produk yang memang sudah terbukti disegmen ini, sehingga Kawasaki masuk harus dengan effort besar dan untung kecil,bagaimana tidak karena penghuni segmen ini telah memiliki produk yang mature.
Kawasaki butuh riset untuk mendapatkan produk yang memenuhi, jargon ninja mereka, bisa dibayangkan kalau produk dengan jargon ninja mudah keok dibuat oleh kompetitor, jelas akan mempengaruhi imej produk yang berperforma tinggi pada brand Kawasaki.
Nah tentu keputusan ini bukan perkara mudah, sehingga perlu dibuatkan exit strategi bagi pencinta Kawasaki, apa, logika sederhana dilakukan jika dengan harga lebih sedikit dari ninja 2 Tak 150cc bisa memperoleh produk 250cc yang performanya juga mirip namun secara branding lebih kuat kenapa nggak main di 250cc saja, dan akhirnya keluarnya Ninja 250SL, sayangnya ekspektasi konsumen bedahhh cuyyy, harga bikin produk ini jadi melempem.

Nahhh karena nggak laku bisa saja terjadi stop produksi atas produk tersebut, akibatnya untuk menghabiskan produk yang menumpuk perlu stimulus, yaaa dengan jargon #semuabisapunyaninja tentu akan terjadi penawaran yang menarik untuk produk Kawasaki yang slow moving.

Nah kesalahan strategi ini harus dibayar mahal oleh Kawasaki tentunya, suka nggak suka, selera pasar adalah sumber informasi yang tepat untuk bisa masuk ke pasar yang ada, sooo jangan coba melawan jika nggak mau tekorrr…!!!

150km/jam bisakah menjadi standar baru kelas 150cc

Yups nih lagi seru serunya persaingan kelas motorsport fairing 150cc, Suzuki sudah luncurkan GSX-R150 kemudian R15 yang kena upgrade kubikasi ke 155cc dan VVA engine SOHC. Suzuki DOHC seperti satria FU namun dengan ubahan sana sini hingga gaharrr….!!! Potensi DOHC Suzuki sangat bisa dikembangkan. Belum lagi hasil perbadingan penyimpangan speedometer GSX yang kecil membuat Suzuki GSX-R memang performa oriented.

Namun yang menarik adalah berapakan angka psikologi top speed kelas 150cc..??? Dan jika ada pabrikan yang mampu mencapaikan secara standar produk dengan tanpa deviasi yang besar akan membuat produk tersebut membuat standar baru dalam kecepatan di kelas 150cc.

lanjut membaca…

Harga promo Suzuki GSX, bukanlah kekuatan …!!!!

Kehadiran Suzuki GSX-R150 menjadi sorotan perhatian beberapa hari ini, tulisan mengenai segala kelebihan yang dimiliki oleh produk Suzuki ini memenuhi jagad blogsphere roda dua Indonesia. Harga yang ditawarkan plus spesifikasi yang diberikan memang sangat menarik minat siapa pun yang membacanya.

fb_img_1484917626484

Selisih harga yang ditawarkan Suzuki memang sangatlah menarik dan spesifikasinya yang mumpuni juga menarik, namun yang perlu Suzuki pahami bahwa mereka harus banyak belajar dari apa yang telah mereka lakukan selama ini tidak lah jauh beda, sehingga apa yang terjadi di GSX-R series belum lah menyentuh akar permasalahan Suzuki motor sesungguhnya di Indonesia.

lanjut membaca…

Cadasss PCX Lokal 150cc hanya 25 Juta

He he bikin isu dulu ahhh biar pada kepoooo, kemarin pada sibuk bahas R15 yang spyshootnya gentayangan, neh mumpung ujung tahun 2016 bahas produk Honda yang bakalan brojol di 2017 isunya. Yang udah lama ditunggu oleh banyak konsumen ya lawan nya NMAX dari Honda. Banyak yang berfikir Honda bakal keluarin Forza, yahh wajar lah konsumen berharap lha wong Forza kereeennn abisss, namun kalau nggak bisa muncul, bisa jadi PCX lokal adalah solusi tuntasss, seperti CBR150R yang menggantikan CBR150R Thailand.

PCX_White_2011

Nah rencana peluncuran yang TB dapat adalah di bulan Maret 2017 dengan kisaran harga 25-28jt isunya, namun ya perlu dicermati isu tersebut, memang mungkin Honda seperti adem ayem, strateginya seperti CBR250RR , launching dulu nih Maret 2017 dan mass produk bisa jadi pertengahan tahun menjelang lebaran nihhhh, wihhh lebaran pakai PCX baru nih he he he…!!!
lanjut membaca…

November 2016, Honda merajai segmen sport

Kalau bicara penguasaan pasar roda dua tanah air yahhh pastinya dan udah pasti Honda rajanya, namun kalau bicara segmen sport saja, Honda mungkin kudu bersabar, segmen matik dan cub mutlak dikuasai oleh Honda. Namun usaha Honda yang tidak kenal menyerah dan dengan strategi jitu membuat usaha penguasaan segmen sport memberikan hasil yang diiginkan.

161214_raw_cbr250rr_0060-blog

Pada Bulan November 2016 Honda terus menguasai segmen sport dan dengan pangsa yang semakin menaik, dengan menjual 33.939 unit motor sport segala tipe Honda menguasai segmen sport sebesar 62,1%. Suatu usaha yang tidak sia-sia.
Nah tentu ini belum sepenuhnya aman, karena pada segmen sport ini Honda harus benar-benar melakukan inovasi tanpa mengorbankan faktor ekonomis. Apa yang dibuat Honda terhadap CBR250RR merupakan contoh nyata bahwa Honda harus mampu membuat produk yang sesuai dengan ekspektasi konsumen. Honda harus menularkan DNA CBR250RR pada produk produk sport Honda lainnya.
Jika DNA CBR250RR ini turun ke produk-produk sport yang lainnya saat ini, maka jalan Honda untuk dominan di segmen sport tentunya akan semakin mudah dan gampang.
Semoga apa yang telah dilakukan AHM terhadap CBR250RR dapat dilakukan juga pada produk sport 150cc mereka.

Touring dengan Supra 150 GTR bebek Super

Alhamdulillah ada waktu buat nulis Mas Bro, setelah agak lama nggak sempet nulis akhirnya ada kesempatan untuk membahas salah satu produk baru keluaran raja motor Indonesia yaitu Honda Supra 150 GTR. Ya kemaren tanggal 3 Desember 2016 TB berkesempatan untuk mencoba Supra GTR 150 dalam rangka launching produk tersebut di Belitung. Acara dilakukan dengan melakukan turing dari Belitung barat ke Belitung Timur pp.

161203_raw_honda_0004-resized

lanjut membaca…