Foto saya tidak diapprove oleh ShutterStock harus ngapain ?

Sering saya mendapat pertanyaan dari teman-teman yang baru mendaftarkan di situs jual foto ShutterStock saat foto mereka tidak mendapat persetujuan / approve dari ShutterStock, apa yang harus dilakukan, biasanya saya memberikan berbagai saran tergantung pesan penolakan dari shutterstock.


Secara umum saya membagi penolakan dari Shutterstock menjadi 3 penolakan, yaitu ringan, sedang berat. Seperti apa definisinya, yuk kita bahas.

1. Penolakan ringan
Penolakan ringan biasanya karena ketidaktahuan dari pengunggah foto, misalkan saja foto yang menyertakan objek orang namun saat diunggah tanpa model release, begitu juga pengunggahan objek property tanpa properti release.
Nah jika tanpa objek atau model release namun tetap ingin diunggah, maka unggah dengan pilihan editorial caranya pernah saya bahas di sini.
Foto yang not approve dengan alasan ini dapat langsung diunggah ulang dengan melengkapi persyaratan, atau mengubahnya dari commercial menjadi editorial.

2. Penolakan sedang.
Artinya bagi saya dengan sedikit trik maka foto yang not approve diunggah ulang dan punya potensi untuk disetujui kembali oleh ShutterStock.
Contohnya, jika foto tersebut tidak fokus pada sebagian objek tetapi fokus ke objek yang lainnya, namun dalam caption foto kita menjelaskan pada bagian yang tidak fokus. Sehingga akhirnya foto ditolak.
Trik yang saya lakukan adalah dengan mengupload ulang kemudian merubah caption foto dengn keterangan obyek yang fokus(objek tidak sama bendanya) sehingga disetujui oleh ShutterStock.

3. Penolakan berat
Artinya potensi untuk upload ulang dari foto tidak ada, karena memang foto tersebut banyak noise, grain. Sehingga tidak ada cara lain kecuali memoto ulang subjek yang diinginkan. Hal ini menjadi penting untuk memahami seperti apa foto yang bisa atau dapat dengan mudah disetujui oleh shutterstock.

Semoga Bermanfaat

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s