Ternyata google pun bisa salah identifikasi

Hal yang aneh ketika TB rasakan saat melakukan verifikasi email client evolution sebagai mail client di ubuntu linux. Proses verifikasi berjalan normal dan berhasil, namun hal yang menggelikan adalah ketika google mengatakan bahwa saya login menggunakan safari on linux, helllooowww google, di linux ora ono masss browser Safari wkwk wkwk wkwk

Xi xi intermezo ajahh, memang nggak adalah pengaruhnya sihh, artinya memang selama komputer yang digunakan untuk login adalah komputer pribadi bukan publik pc yang banyak bertebaran. Nah bagaimana menurut pembaca teras belitong…????

Iklan

Pakai speaker USB di Ubuntu Bissaaa…!!!

Akhirnya saya nggak tahan juga pakai Windows, biasa blibet menurut TB, banyak hal yang mesti dikustom saat pengen mendapatkan kemudahan ala linux. Yahh banyak sihh, belum lagi mesti install Antivirus hmmm, akhirnya dari pada pusying pusying install ulang dengan dengan Ubuntu 17.04 done..!!!
Namun setelah install semua software untuk pekerjaan selesai lupa satu hal bahwa speaker eksternal yang dipergunakan adalah tipe usb. Nggak lewat jack audio. Soo kepikiran bisa nggak ya..??? Ya udah dicoba dulu.

Ternyata gampang saja dengan cukup memindahkan sound setting ke digital output atau ke analog output, speaker usb langsung berbunyi normal. Joss gandosss lah nggak usah takut pakai Linux tho he he he

PDFSam di Ubuntu 16.04

PDFSam atau PDF Split and Merge merupakan aplikasi yang cukup bermanfaat untuk mengelola berkas PDF yang hendak diuraikan maupun digabungkan. Nah saya pun merasakan manfaatnya ketika menggunakan program ini, sehingga nggak heran ketika upgrade ke ubuntu 16.04, PDFSam menjadi salah satu aplikasi yang saya tetap instal.

awal

lanjut membaca…

Alhamdulillah bisa ngeblog lagi

Udah lebih seminggu ini blog sempat vakum mas bro, bukan apa-apa laptop TB tiba-tiba mati dan nggak mau hidup lagi, soo akibatnya berbagai aktifitas mulai blogging, fotografi juga terhalang, weewww mau apa lagi udah jadi nasib he he he.

Alhamdulillah, ada rejeki untuk mengganti leptop tersebut, dan setelah mikir-mikir dan mencari informasi pilihan pun jatuh kepada Asus 550ZE dengan spesifikasi :

Detail Produk
Procesor : AMD Quad Core A10 7400P 2.5Ghzzup to 3.4Ghz (4MB Cache)
Memori : RAM 4 GB DDR3
Kapasitas penyimpanan : HDD 1000 GB
Graphic : Dual Graphic Radeon R6 + R5 M230 2GB DDR3
Layar : 15.6 inch HD 1366 x 768

Perburuan pun dimulai dan akhirnya dapet harga 7Jt, ya udah bayar dan bawa pulang, diinstal Ubuntu 14.04 64bit dan online lagi he he he.

gmc_asus-x550ze-xx033d-silver-notebook-dos-amd-quad-core-a10-7400p-ram-4gb-15-6-inch_full01

Back to Ubuntu againnn…!!!

Karena kebutuhan istri menggunakan windows beberapa bulan yang lalu TB sempat menggunakan Windows 7 untuk kebutuhan sehari hari di rumah, tetapi karena istri telah memiliki pc sendiri akhirnya TB balik lagi ke Ubuntu, bukan apa-apa kerasa banget sulit nya kalau pakai windows, he he, kalau udah biasa pakai nautilus buat beberapa pekerjaan misal saja resize picture jelas menyita waktu bangettt, kalau nautilus klik kan resize, selesai.
Belum lagi yang lain, hobby TB foto juga sangat terhalang saat menggunakan Windows, tidak ada software yang biasa TB pergunakan yaitu Rapid Photo Downloader dan darktable.

GNU-Wildebeest_by_Riley-Brandt_CC-BY-SA-3.0

He he yooo wesss, nanti tak ceritaan asyikknya pakai Ubuntu untuk bermain-main dengan RAW file ya he he he ciayoooo…..!!!

PDFSam, buat split dan merge berkas pdf di ubuntu

TB sering menerima berkas dalam pdf, kadangkan kala ada bagian bagian pdf dari berkas yang berbeda hendak digabungkan, akibatnya perlu operasi pemisahan berkas, dan penggabungan kembali dengan berkas baru, nahhh karena TB punya cuma Ubuntu, pakai aplikasi pdfsam yang ada di Ubuntu sofware center, gampang banget, untuk memisahkan pakai plugin spit dan untuk menggabungkan pakai plugin merge.

Screenshot from 2014-08-09 07:58:28

TRIM di Ubuntu 14.04

Secara default jika kita menggunakan SSD Samsung atau Intel TRIM bekerja otomatis, nah masalah e kulo punya OCZ Vertex III, yo wis pakai TRIM manual atau masukin ke cron job weekly.

Cara jalanin trim manual :

1. Buka Terminal
2. Ketik Perintah :
sudo fstrim -v /
3. Hasilnya misalkan seperti berikut :
/: 93184647168 bytes were trimmed

Biar nggak repot dan nggak kelupaan jalanin secara manual, masukin saja kedalam cron job weekly/mingguan degan cara :

1. Cari lokasi cron job weekly fstrim dengan perintah :
$locate fstrim
2. Munculnya kurang lebih :
/etc/cron.weekly/fstrim
/sbin/fstrim
3. Yang kita lihat /etc/cron.weekly/fstrim, isi dalamnya kurang lebih :
$more /etc/cron.weekly/fstrim
#!/bin/sh
# call fstrim-all to trim all mounted file systems which support it
set -e

# This only runs on Intel and Samsung SSDs by default, as some SSDs with faulty
# firmware may encounter data loss problems when running fstrim under high I/O
# load (e. g. https://launchpad.net/bugs/1259829). You can append the
# --no-model-check option here to disable the vendor check and run fstrim on
# all SSD drives.
exec fstrim-all

Untuk mengaktifkan tinggal menambahkan --no-model-check di belakang exec fstrim-all

Namun sebelumnya pastikan kalau SSD Anda support listnya di sini.