Lini sport Yamaha mulai tertekan…???

Jujur TB sedikit kaget dengan data distribusi sport 150cc Nasional Bulan Februari 2018, mungkin kondisi yang dialami dari NMAX yang hampir mencapai distribusi mendekati 40% bulan Februari 2018 salah satunya karena tertekannya lini sport Yamaha.

lanjut membaca…

Iklan

Launching All New PCX 150 di Belitung

Walau pun secara nasional sudah launching, namun untuk di Belitung baru akan di launching tanggal 17 Februari 2018 bertempat di lokasi Pantai Wisata Tanjungpendam, Honda terlihat sangat serius menggarap pasar matik premium ini di Belitung, kalau menurut TB sih itu wajar saja karena di Belitung matik premium seperti NMAX beredar lebih mirip matik low end, sangat mudah ditemui seolah olah bukan matik premium.

Dengan fakta seperti ini menurut TB wajar kalau Honda optimis bisa mendapatkan kue pasar matik premium di Belitung. IMHO kendala PCX CBU Impor adalah harga yang tinggi sehingga membuat konsumen kudu banyak mikir meminangnya, contoh kehadiran NMAX yang reasonable value for moneynya membuat konsumen berbondong untuk memilikinya, plus brand imej Yamaha yang luat di Belitung, komplit sudah kemudahan tersebut, praktis memang dalam pengamatan TB penjualan Yamaha di Belitung didominasi Yamaha NMAX.

Dengan masuknya PCX akan seperti apa..??? Kita tunggu saja..!!!

Breaking News – Lexi 125 VVA baby NMAX sang penghantam Vario..???

Lewat akun instagram Abidin San TB melihat Yamaha meluncurkan Lexy 125 VVA, mungkin ini lah yang digadang-gadangkan sebagai baby NMAX. Bentuknya sepintas mirip NMAX, yang pasti kubikasi 125cc dengan teknologi VVA.

Salah satu klu yang muncul adalah harga WOW artinya sih bisa jadi nih harga bakal mepet dibawah Vario 125, informasi lain belum TB dapatkan but pasti akan segera beredar, only breaking news…!!!

Tiger dan Scorpio tinggal ganti baju untuk jadi Retro

Yapp duo pabrikan besar di Indonesia ini sebenarnya sudah punya akses untuk membuat motor retro. Engine sudah siap tinggal ubah tampilan sehingga memberikan tampilan retro dengan reborn produk mereka masing-masing. Fakta di lapangan bukan sedikit pemilik Tiger dan Scorpio merubah tampilan motor mereka menjadi retro desain. Soo kalau pabrikan sudah sediakan tentu semakin baik.

lanjut membaca…

New Yamaha R15 akan di banderol 31 jutaan…???

Penasaran jagad blogsphere terhadap banderol New Yamaha R15 memang masuk akal, karena tentunya harga akan menjadi faktor penting R15 untuk rebound dalam menghadang laju CBR150R. Belum lagi selesai urusan dengan CBR150R telah hadir Suzuki GSX-R150 dengan harga yang sangat kompetitif.

screenshot-from-2017-02-13-105248

Iseng-iseng TB coba simulasi kredit R15 di Website Yamaha, wewww keluar harga Rp.31.050.000,- ini harga yang lama atau yang baru yahhh he he he, tapi karena produk sport yang R15 pada website resmi Yamaha tersebut adalah R15 dengan VVA, boleh jadi harga ini adalah harga baru. Tapi ya mesti Yamaha yang tahu.

lanjut membaca…

Aerox 155 akan bertarung dengan…???

Aerox 155 sudah siap siap bisa diinden di situs Yamahamotoronline.com artinya juga Aerox 155 VVA akan menjadi bagian armada Yamaha dalam kancah pertarungan matik 150ccan di Indonesia. Menarik untuk diperhatikan, bahwa mesin Aerox 155 sepertinya identik dengn NMAX 155. Ya memang common part sangat baik untuk menekan cost produksi sehingga ketika didelivery ke konsumen akan mendapatkan harga yang relatif terjangkau.

screenshot-from-2017-01-02-230454

Pertanyaannya adalah kehadiran Aerox 155 membuka pasar baru atau membungkam produk kompetitor, pertama adalah membuka pasar baru, bisa saja dan mungkin saja, namun yang mesti dipahami Yamaha, produk produk gaya maskulin dan racing memang akan menarik pada first sight namun perlu dicermati oleh Yamaha, bahwa menarik minat wanita terhadap matik jauh lebih krusial, jelas dengan desain Aerox saat ini pangsa pasar yang hendak dicapai adalah kaum urban maskulin. Artinya desain yang ditawarkan oleh Yamaha sudah jenuh, sepintas dengan MX150 pun mirip. Selain itu juga dek tidak rata akan membuat matik ini kehilangan fungsionalnya, jika diperuntukkan untuk kerja berat penggunaan sehari hari, kalau sekedar gaya-gayaan boleh lah.
Yang TB takutkan justru Aerox 155 akan memakan pasar NMAX 155 karena kesamaan DNA yang mereka miliki. Yang pingin big matik namun bosan dengan NMAX memilih alternatif Aerox 155, ini artinya nggak terbentuk pasar baru yang ada teman makan teman.

lanjut membaca…

R15 2017 siap meluncur..??? Kira-kira apa saja ya.. yang bakalan berubah..???

Yupsss dengan terpantaunya spyshoot R15 dan sudah muncul di beberapa blog otomotif, maka hal itu pertanda produk tersebut memang sudah bersiap-siap untuk masuk ke pasar roda dua Indonesia. Bagi TB ini hal yang wajar karena dari mulai keluar kalau nggak salah produk ini belum mengalami update sama sekali.

pic tmcblog.com

pic tmcblog.com

lanjut membaca…

Nmax dan Mio M3 yang hanya tersisa

Melihat data penjualan pasar Nasional roda dua terlihat banget yahh kalau Honda begitu dominan walaupun belum sepenuhnya bisa mengamankan pasar roda dua nasional di semua sektor dan lini produk untuk sulit tergoyahkan.

Pic tmcblog.com

Pic tmcblog.com

Terlihat bagi Yamaha sendiri cuma dua produk yang bisa terdistribusi diatas 20rb unit, yang bikin pusing pale petinggi Yamaha menurut ane yahhh apalagi kalau bukan Nmax mengejar penjualan Mio M3, kok bikin pusing pale…??? Yahhh iya lah sob, coba kita pikir kalau Mio M3 itu segmen yang low end alias harusnya bisa didistribusi 50rb unit/bulan, di sisi lain justru produk kelas prime mereka NMAX hampir mengejar M3 hanya beda 3rb unit.

Kalau bagi TB ini lampu merah menjelang kuning bagi Yamaha secara nasional, karena saat kompetitor masuk memberikan produk untuk melawan NMAX apapun ceritanya pasar NMAX akan tergerus. Yang perlu Yamaha ingat adalah mereka nggak bisa mengandalkan produk high end untuk melawan dominasi produk low end, apalagi gap harga yang relatif tinggi. Kompetitor mereka Honda pastinya sudah siap dengan produk-produk yang dibuat head to head dengan produk Yamaha yang moncer tentunya dengan fitur teknologi khas Honda yang mengutamakan kenyamanan, hightech dan efisien.

Yamaha kuduu redefined produk low end mereka untuk dapat berbicara dipasar low end, dan dapat diterima oleh seluruh lapisan umur, nggak hanya anak muda saja. Memang tujuannya adalah generasi muda namun mesti diingat generasi tua pun harus diakomodir agar mereka merasa nyaman menggunakan produk tersebut. Semoga Yamaha bisa menentukan arah produk mereka agar bisa diterima dipasar Indonesia, dan persaingan antar pabrikan akan membuat produk mereka kembali bisa bersaing.

IRS nggak ngaruh sama penjualan…kenapa..???

Dari tahun ke tahun TB mengamati, gaung balapan nasional seperti nggak pernah sampai ke kampung-kampung dan pelosok Indonesia Raya, coba tanya deh ada yang tahu nggak semisal di ibu kota Kabupaten saja lah, IRS apaan tuhh…??? Ada juga IRC merek ban ha ha ha….
Yahh memang gaung IRS selaku balapan nasional alias kejurnas sama sekali nggak ngefek atau menarik perhatian masyarakat.

foto dok triatmono.info

foto dok triatmono.info

lanjut membaca