Vario 125 tetap berjaya… apa saja penyebabnya ???

Coba kita simak data distribusi AISI Vario 125 bulan Januari 2013 dan Februari 2013. Distribusi Vario 125 begitu digdaya hampir menyentuh angka 100rban unit.

Yang menjadi menarik adalah Vario 125 bukan matik yang berapa disegmen menengah, bukan pada segmen low entry sehingga ada satu isyarat dari konsumen Indonesia kalau mereka sudah sangat paham dengan value yang ada, setidaknya dengan apa yang terjadi di Vario 125.
Bandingkan dengan kompetitor terdekatnya yaitu Xeon RC dari Yamaha

Padahal baru awal diluncurkan ternyata demand cuma disekitar 11rban, ini pun masih pada masa awal dimana demmand biasanya nya di tiga bulan pertama seringkali lebih tinggi dari normal.
Nah tentu pada segmen ini melihat ada sesuatu yang membuat konsumen pilih pada Vario 125 yang telah lebih dahulu menancap dimindset konsumen sehingga sulit untuk berpindah bahkan dengan produk baru sekalipun. Beberapa hal yang menurut pengamatan TB dari hasil tanya-tanya dengan beberapa pemilik Vario 125 yang menjadikan alasan mereka memilih sang ride the future.
1. Starter
Rasanya nggak percaya Honda bakal ninggalin starter bletaknya tapi fakta menunjukan kalau ACG Starter merupakan faktor yang menjadi pendorong terbesar dari konsumen dalam memilih Vario 125 berdasarkan survei kecil-kecilan TB. Dari jaman Vario 110 sebenarnya secara desain udah banyak yang kesemsem tetapi suara starter yang terlalu keras dibandingkan dengan kompetitor membuat banyak konsumen membatalkan niatnya dalam meminang matik Honda, nah setelah penerapan ACG starter maka konsumen kembali kesengsem dan meminang sang skutik.

2. Desain
Desain produk kelas menengah memang kudu memadukan elegan dan sporty dan Vario 125 berhasil membuatnya menjadi menyatu sehingga produk ini mengena disegala usia dan membuat konsumen kembali memilih produk ini.

3. Imej
Matik menengah dengan teknologi premium mulai dari eSP engine, ACG starter, injeksi membuat konsumen pada segmen ini yang melek value for money tentunya menjadi pertimbangan bagi konsumen, Vario 125 boleh dikatakan membuat konsumen merasakan value for money yang baik, sehingga pilihan konsumen pun tertuju pada produk matik kelas menengah ini

4. Harga vs kompetitor
Saat produk ini diluncurkan Honda berhasil memberikan harga yang sama dengan produk kompetitor, padahal sang kompetitor masih karbu, minus PBL,SKS, injeksi.
So otomatis konsumen merasa produk kompetitor terkesan overprice, hal ini juga dapat dipastikan membuat pilihan berubah ke Vario 125.

Sooo akhirnya boleh dikatakan pada Vario 125 Honda berhasil membuat produk yang mendekati kesempurnaan level manusia, mulai dari produk, price sampai ke waktu peluncuran, jadi wajar saja jika matik ini seperti nggak ada habisssnya, biarpun kompetitor sudah melakukan pembaruan produk namun penjualan tetap moncer dan tak berbalas :mrgreen: :mrgreen:

4 comments on “Vario 125 tetap berjaya… apa saja penyebabnya ???

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s