Opini : Selisih 200rb, Subsidi atau overprice …???

Well Strategi Yamaha meluncurkan harga Vixion lightning di Yogyakarta dalam acara final YRC dan Final ITGP 2012 boleh dikatakan ciamik, kenapa ??? Karena konsumen melihat positioning harga Vixion lightning terlihat make sense alias nggak terlalu jauh dengan harga OTR di Jakarta saat ini untuk Vixion lawas 21.7 juta. Sebagai Informasi Vixion lightning non kick starter dibanderol Rp.22,24jt dan yang dilengkapi dengan kickstarter adalah Rp. 22,44jt.
Tetapi konsumen harus mencermati bahwa harga OTR Yogyakarta untuk Vixion lawas juga lebih murahh dari harga OTR Jakarta yaitu Rp.21,54 Juta untuk OTR Yogyakarta. Sooo … smart strategi jika konsumen tidak teliti.

sumber gambar http://tmcblog.com

sumber gambar http://tmcblog.com


Tetapi juga bagi TB ada hal lain yang menarik bagi TB berkenaan dengan Vixion Ligtning ini. Apalagi kalau bukan Kickstarternya itu. Bagi TB memang YIMM menyiapkan juga versi kickstarter tetapi memang sengaja membentuk opini dengan memperkenalkan lebih dahulu ke publik versi non kickstarter ditambah dengan usaha membentuk opini publik bahwa tanpa kickstarter adalah motor yang sudah expert

Hal tersebut ditegaskan PR Corporate & Communication Head Yamaha Indonesia Motor Manufacturing, Indra Dwi Sunda kepada detikOto di Sirkuit Sentul Karting, Sentul, Jawa Barat, Selasa (30/10/2012).
“Motor tanpa kick starter tandanya sudah expert. Ini edukasi, dan trennya sekarang seperti itu. Sudah tidak pakai kick starter,” kata Indra.

Ternyata penerimaan publik belumlah seperti yang diinginkan apalagi di jagad blogsphere terasa lumayan keras tentangan terhadap pernyataan tersebut. Tentu YIMM tidak lah mau tahta mereka terenggut di segmen motor sport ini sehingga produk Vixion Lightning dengan opsi kickstarter pun juga dikeluarkan bersamaan dengan peluncuran harga sehingga konsumen menjadi tenang dengan adanya versi kickstarter yang sedikit lebih mahal dari non sang Vixion Ligtning yang expert tersebut :mrgreen: :mrgreen: Dan imej Yamaha mendengarkan suara konsumen juga didapat 😀 😀 mantabbb…!!!

That’s Strategy it’s ok ..!!!
Bagi TB justru yang menarik adalah selisih 200rb antara Vixion lightning tanpa kickstarter dan yang menggunakan kickstarter. Kenapa menarik ??? TB coba browsing ke Yamaha Part (http://parts.yamaha-motor.co.id/ypec_b2c/) untuk melihat harga selengkapnya unit Kickstarter Vixion lawas. Ternyata banderol harga untuk Kickstater Vixion Lawas seperangkat total sebesar Rp. 582.000,-
kickstarter Vixion Lama
sehingga menimbulkan pertanyaan bagi TB karena rasanya unit tambahan kalau dibeli ketengan ternyata hampir 2,5 kali selisih harga.
Sehingga menimbulkan asumsi bagi TB apakah memang Yamaha melakukan subsidi dengan cara memperkecil margin keuntungan, ataukah justru harga Vixion Lightning non kickstarter dibanderol terlalu tinggi sehingga semakin besar margin keuntungan yang didapat 😀 😀

Mari sebagai konsumen kita renungkan bersama he he he …

16 comments on “Opini : Selisih 200rb, Subsidi atau overprice …???

  1. jeli banget sampeyan…
    vixion bungkus satu deh klo gitu yg pke kick starter untung (582rb – 200rb = 382rb)
    harusnya yg tanpa kick starter dijual (22,24jt – 582rb = 21,658 jt)
    bgitu ya!
    brarti old vixion 21,54jt beda tipis dong dg 21,658jt udah dapet RDB, Ban besar, New desain, speedometer dll…
    wow apa gak rugi tuh yamaha…?

    Suka

    • plus injeksi close loop gan pake O2 sensor gak murah lho itu…
      plus Kunci kontak magnet, knalpot baru, velg baru, ban baru, cakram blkang, lampu sinchan headlamp itu semua palingan 100rb an yg sisanya tidak lain adlah plat nomor kompres jidat….
      wkkkk gara2 itu new vixion naik 100 dk (daya kucing) wkkkk
      mau ngebut dimana mas….?

      Suka

  2. 3 tahun pake Vixion dr 2008 seingat saya blad ga pernah pake kick starter.
    Kalau pagi cukup biarkan desingan pompa dan settingsn ECU bekerja, lalu jbremm… Nyala. Never fails.

    Mungkin Yamaha lebih meladeni psikologi kita yang sudah terbiasa dgn karbu dan cold start yg ga mesti mudah di pagi hari.

    Suka

    • ninja naik lagi yo band mas…
      ane gak suka udah nyoba kmaren dibandingin sm cbr250 dan ktm duke..
      hasilnya cbr enak bnget sampe rmp8000 klo top speed mang mau ngebut dimana? yg paling enak ya ktm duke200 enteng banget 11-12 dg cbr, ninja maaf aja cuma keren di bentuk desain dan tenaga putaran atas doang cocoknya buat yg suka olahraga balap di sirkuit, klo dikampung lebay bnget bisa2 nabrak kebo lg nyebrang wkkk…

      Suka

    • bener bnget bro… klo didaerah mana ada sirkuit sekelas sentul? yg ada sirkuit road race buat bebek mangnya bisa smpe 160kpj? mimpi kali,,, sirkuit road race cocoknya akselerasi dan dlm hal ini cbr jagonya, klo ninja cocoknya buat orang jakarta, bogor, bandung dsk… orang luar mah buat nampang aja jgn buat dikebut dijalan umum dipastikan mubazir ninjanya.

      Suka

  3. kasus kayak gini sudah umum terjadi pada dunia persepeda motoran, contoh lain adalah berapa selisih harga spacy karbu dan spacy pgm-fi? kemudian berapa harga satu unit perangkat injeksi spacy dikurangin harga karburator?

    Suka

Tinggalkan komentar