Opini : Ketika bebek sulit bertelur

Tahun 2012 sudah hampir habis, kancahh pertempuran pasar R2 Indonesia berpaku ada matic dan sport saja.Kalau dilihat dari awal tahun 2012 peluncuran produk baru oleh pabrikan bsar tercatat hanya Yamaha saja yang meluncurkan Jupiter Z1 dengan teknologi injeksi.
Sedangkan Honda yang digadang-gadangkan meluncurkan bebek super yang akan bermain bersama Satria FU sampai menjelang akhir tahun ini justru tidak terdengan beritanya, dan tenggelam oleh berita CB150R dan K18 yang tidak terduga.
satria_F150
Tetapi baiklah, memang rupanya konsumen mulai berpindah mindset dari bebek menjadi lebih sederhana, matik untuk mencapai sisi kepraktisan dan sport jika ingin menonjolkan ke maskulinan :mrgreen: :mrgreen:
Tetapi apakah lantas jika terjadi penurunan permintaan terhadap segmen bebek lantas akan menyebabkan segmen ini mati, tentu saja tidak, tetapi memang ATPM manapun perlu berinovasi untuk tetap menjaga agar penurunan yang terjadi dapat ditutupi oleh mereka dengan peningkatan pada segmen lain produk yang ATPM besut, sehingga terjadi subsidi silang dalam pemenuhan kebutuhan konsumen.
Selain itu juga inovasi produk tetap harus dilakukan, tetapi tidak akan segencar pada segmen matik maupun sport, apa misalnya ??? Paling gampang seperti yang telah dilakukan Suzuki dengan Satria FU nya begitu tangguh untuk dikalahkan, relatif bertumbuh dan stabil.
Antara dua ATPM besar Honda dan Yamaha, IMHO Honda lebih berpeluang untuk ini, tinggal desain sasis Bebek yang tangguh, sematin mesin CB150R udahh jadi bebek super dengan engine 150cc DOHC :mrgreen: :mrgreen: dan tentu secara cost lebih sedikit karena engine sudah ada tinggal ubah tuh desain sasis CS1 agar bisa ditemploki mesin CB150R.
Selain itu juga perlu strategy blue ocean dengan menghadirkan bebek retro, kan tinggal nyomot mesin revo pasang baju ala C70 plus injeksi dijamin keyeennn bro :mrgreen: :mrgreen:
pgm-fi little cub 4
Sehingga dengan adanya inovasi-inovasi yang mengena dihati konsumen dapat dipastikan segmen bebek masih bisa sedikit bertumbuh, karena memang bebek sudah mengakar di mindset konsumen Indonesia, silahkan siapa berani duluan ngerecokin segmen ini dengan inovasi yang memanjakan konsumen biar penjualannya nggak menurun, minimal dapat bertahan..!!!

2 comments on “Opini : Ketika bebek sulit bertelur

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s