Produk Masal dan Gelas berisi Air

Pabrikan motor Roda 2 tentu sangat bergantung dengan produk masal yang menjadi jagoan mereka, karena produk ini lah yang biasa memberikan kontribusi yang menyokong jalan roda perusahaan. Istilah sederhananya produk ini lah yang memberikan laba bagi ATPM. Beda dengan produk segmented yang berfungsi memberikan kesan/imej di masyarakat terhadap merek atau brand dari ATPM

Kalau ditanya mana yang lebih penting ??? Jawabannya sederhana saja, keduanya sama penting, tinggal penggunaan dan dosisnya berbeda.

Produk masal dan produk yang segmented tentu akan berbeda terapinya, diproduk masal perlakuannya seperti kita mengisi air dalam gelas, siapa yang duluan mengisi air sampai penuh maka dia lah pemenangnya sehingga tak heran jika pada produk masal, first mover sangat sulit dikalahkan, lihat kasus Matik Mio Sporty walau secara beregu Honda sudah menang tapi fakta breakdown data Mio Sporty tetap unggul, nah ini tidak lain “gelas” mindset Konsumen telah diisi lebih dulu oleh Yamaha, dan “Gelas” demand juga pertama dipenuhi oleh Yamaha.

Begitu juga Honda dengan Scoopy nya, Semakin cepat Honda mengisi pasar retro dalam artian tidak ada atau minimalisir indent Scoopy makan makin kuat dominasi Honda di matik retro dan kedepannya semakin sulit untuk digugat, karena pasar yang terbatas tentunya jika telah diisi terlebih dahulu, maka pendatang baru jika tidak benar-benar siap akan menjadi collector item atau bahkan tidak memberikan kontribusi sama sekali.

Disinilah inovasi dan kecepatan sangat berperan penting, jangan pernah terbuai dengan kemenangan sementara, kalau tidak mau kelelep sesudahnya.

Just My Simple Opinion

2 comments on “Produk Masal dan Gelas berisi Air

  1. Ping-balik: Isu berikutnya adalah FITUR a.k.a value | Teras Belitong Blog

  2. Ping-balik: Berani nggak Yamaha keluarin New Vixion duluan !?? | Teras Belitong Blog

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s