Mengendalikan Lumix GX85 dari Ubuntu

Aku mencoba mencari referensi atau cara untuk mengendalikan Lumix GX85 via Ubuntu, kalau via Windows atau MacOS tentu sangat gampang karena pabrikan kamera menyediakan dukungan. Nah di Linux amat jarang namun banyak pengguna Linux yang pinter dan bikin aplikasi untuk memudahkan pengguna lainnya, seperti aplikasi Lumix Link Desktop


Lumix GX85 ku berhasil konek namun masih ada kendala yaitu tidak bisa menampilkan live view dari kamera. Namun untuk mengambil foto, mengganti parameter kamera seperti ISO, Shutter speed, Photo Style dan fungs lainnya berjalan normal

Bagaimana caranya, ini cara aku koneksikan Lumix GX85 ke Lumix Link Desktop di Ubuntu. Pertama dowload berkas Lumix Link Desktop di sini

Ekstract berkas.

Koneksikan kamera via wifi ke komputer, koneksi ini ada dua cara :
1. Langsung
2. Via Hotspot ( Kamera dan komputer konek ke jaringan yang sama)

Nah saya pakai cara no. 2, untuk cara no.2 setelah kamera terkoneksi ke hotspot dan kita tahu alamat ipnya jalankan file control.html dengan browser (chrome atau firefox)

Saat file control.html dibuka dengan browser maka akan menanyakan alamat IP Kamera. Saya pertama melihat IP komputer saya dengan fungsi ifconfig dan kemudian mencoba satu persatu IP yang sekelas dengan IP komputer sampai terlihat perubahan di kamera yang menandakan sudah terkonek yaitu hilangnya perintah untuk menyalakan Panasonic App.

Saya juga biasa nya merubah Action dari Recmode ke Playmode dan sebaliknya untuk melihat terkoneksi atau tidaknya ke kamera, jika terjadi perubahan berarti koneksi masih aktif.

Melakukan pengambilan foto dengan aplikasi ini pun telah dapat dilakukan.
Nah memang yang masih menjadi PR saya adalah bagaimana live preview bisa berjalan, yahh mudah-mudahan ketemu solusinya.

Oya jika ingin melihat detil caranya bisa ke sini

Semoga Bermanfaat

Tinggalkan komentar