Survei online nggak valid ? Masa’ sih ?

He he he lagi-lagi kita sering salah memberikan presepsi terhadap sesuatu. Karena merasa hasil yang diinginkan tidak sesuai harapan, maka pikiran-pikiran negatif muncul, dan menyalahkan hal-hal yang tidak patut disalahkan.

cg-online

Media online hanyalah tools alias perkakas saja, ibarat pisau, mau buat masakan, mau buat kriminal yahh bisa saja tohhh ???

Kalau hasil pooling, survei dan lain sebagainya dengan tujuan mengumpulkan data yang objektif tidaklah sesuai harapan alias banyak unvalid data, yang kudu dikoreksi bukan medianya, bukan toolsnya, tetapi metodeloginya yang harus dicreate lebih canggih, lebih sesuai alias mendekati harapan dari dilakukannya survei tersebut.

Bagaimana mengembangkan metodelogi survei yang hasilnya menjadi minim bias alias punya nilai objektifitas teruji. Mau nggak mau yang melakukan survei kudu mikir dong, kudu cerdik, yahhh kudu keluar modal laghh, jika mau dapet hasil maksimal.

Jangan lantas usaha belum maksimal justru nyalahin medianya, nyalahin toolsnya. Nggak masalah dengan medianya, karena semua hal alat saja, yang terpenting man behind the gun he he he 😀 😀 😀

9 comments on “Survei online nggak valid ? Masa’ sih ?

  1. Jangankan suevei online, survei di lapangan juga nggak meyakinkan. Yakin tuh surveyor melakukan survey dengan benar? Jawaban pasti? Bukan asal isi? Surveynya merata sampai pelosok?

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s