Apa kata Marquez mengenai CBR1000RR-R

Setelah Honda merilis CBR1000RR-R, Honda tentu nggak bakalan menyia-nyiakan pembalap andalan dan juara dunia motoGP 2019 untuk memberikan tanggapan atau pun melibatkannya dalam pengembangan CBR1000RR-R sehingga Honda mendapatkan masukan yang komprehensif atas produk baru mereka.

Nah bagaimana kesan Marquez terhadap motor baru Honda ini, berikut kutipan wawacara baby alien dengan MCN.


Pertama yang menjadi perhatian Marquez adalah tenaga yang dikeluarkan oleh CBR, dia merasakan tenaganya tidak seperti street bike biasa, perbedaan terasa, apalagi saat digunakan disirkuit.

Berikutnya adalah stabilitas saat cornering, mengingat saat mengujinya street bike hanya dilengkapi ban standar namun kemampuannya saat cornering bagi Marquez sangat baik, Marc juga menduga hal ini karena aerodinamika yang juga baik, sehingga walaupun powernya kuat namun stabilitas motor sangat mengesan.

Dia juga menyampaikan bahwa ada perbedaan dengan winglet baru saat kecepatan tinggi, saat keluar dari tikungan fitur anti wheelie akan aktif untuk menjaga roda depan tetap di aspal
Marc menyamakan kemampuan CBR1000RR-R dalam hal aerodinamika seperti setup yang dilakukan pada motoGP, dimana dia bisa membuka gas secara maksimal dan yakin bahwa motor akan nurut pada racing linenya.

Fitur elektronik pada CBR1000RR-R mendapatkan pujian juga dari Marc, mengapa…? Bagi Marc fitur elektronic akan membantunya tetap aman dalam mengeksplore kemampuan mesin habis-habisan. Artinya fitur elektronik tidak sepenuhnya mengebiri kontrol pembalap terhadap mesin, pembalap tetap dapat melakukan hal-hal yang agresif pada motor tanpa takut elektronik akan melakukan pembatasan secara agresif pula, eletronik tetap melakukan dengan soft.

Marc menyampaikan “Pada CBR saya masih bisa tetap sliding secara halus. Ini sangat baik, karena saya bisa mempertahankan drifting untuk keperluan foto, tapi tetap aman”

Melihat apa yang disampaikan oleh Marc Marquez pada MCN, jelaslah bahwa Honda memang mempersiapkan CBR1000RR-R dengan sangat-sangat hati-hati dan perhitungan. Apalagi dengan kehadiran Alvaro Bautista yang pada awal musim 2019 dengan mesin V4 Ducati bisa digdaya, apalagi dengan inline 4 Silinder Honda yang jelas-jelas punya power tinggi, serta kestabilan ditikungan khas mesin Inline.

Soo, warning buat pabrikan lainnya di ajang WSBK 2020

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s