Buatan China…???

Kembali bahas CB190R daN CB190F, produk sport Honda yang diproduksi dan didistribusikan oleh Honda China cukup menyita perhatian jagad blogsphere roda dua. Ada yang ragu dengan buatan China ini karena cerita mocin di Indonesia.

0

lanjut membaca…

Iklan

Waktunya TVS meniru VIAR

Bicara motor China, Viar tidak lepas dari imej tersebut, tetapi dengan konsistenannya dalam kecerdikan membaca pasar serta melihat celah untuk dapat menguasai pasar membuat kekuatan brand Viar semakin membaik belakangan ini.

lanjut membaca…

CBR300R tetap satu silinder ???

Heboh peluncuran jagoan baru Honda di ajang 12th China International Motorcycle Trade Exhibition in Chongqing membuta blogsphere tanah air begitu antusias menyambutnya, dan berbagai spekulasi mulai berkembang terutama hal yang banyak diharapkan oleh bikers tanah air, agar Honda merilis engine 2 silinder yang bersuara merdu untuk kelas 200 – 300 cc ini.

02

lanjut membaca…

Pilih-pilih Modem GSM, mana yang paling Oke

Pilihan modem GSM (3G/HSDPA) banyak sekali saat ini, sering sekali saya menemui orang yang begitu FANATIK dengan suatu brand / merek, padahal dia sendiri tidak paham ESENSI dari modem itu sendiri he he he…

Betul … pernah saya ditanya … Bang Ada modem O2 nggak??? he he, Memang sejak kapan O2 buat modem sendiri, yah itu lah konsumen Indonesia unikkk banget, nggak tahu kalau O2 yang mereka beli itu pakai merk huaw** yang dipaket oleh operator O2, nah lo.. atau O2 yang pakai modem buatan ZT* yang juga dipaket bersama oleh layanan Operator O2.

Kedua merk yang saya sebutkan di atas adalah buatan China, he he jadi pakai modem China dong….:-) yupsss, but kita harus tahu bahwa tentunya nggak semua barang produk China nggak berkualitas, contoh saja kedua merek tersebut, O2 memaket kedua merk modem tersebut dengan layanan mereka.

JAdi… Kudu cerdasss memilih, acuannya apa????? Apakah yang harga mahal, apakah merek terkenal atau kah pengalaman dari pengguna dan sebagainya… Yupss berikut saya berbagi tips memilih Modem GSM biar nggak Over Price alias barang yang murah dibayar dengan harga mUaaaahalll ..

1. Ingat Prinsip, BARANG BAGUS UDAH PASTI MAHAL, barang MAHAL belum tentu BAGUS…!!! bingung…. gini kawan.. intinya jangan liat barang dari harganya tapi dari kualitasnya… Bagaimana dong caranya? Kan saya awammm… Yahhhh … Ketika kita mau berbelanja nggak salah dong kalau kita BERTANYA pada penjual mengenai barang kita beli…(kalau gini sih pasti penjualnya akan bilang baguussss… 😛 ) Tentunya penjual akan bilang bagus tetapi jika penjualnya jujur dan paham dia akan mengupas tuntas spesifikasi dan plus minus dari suatu produk, kenapa??? Gak ada produk yang nilai plusss semua pasti ada minusnya cuma tinggal pilah pilih… Apakah nilai plus tersebut memang kita butuhkan dan nilai minus yang dijelaskan akan merugikan kita… Kongkritnya….

2. Kongritnya, karena nie berhubungan dengan Modem GSM kita langsung saja ambil contoh :

Kecepatan maksimum yang ditawarkan modem. Dipasaran saat ini per 12/11/2010 dikenal istilah HSDPA, HSUPA, HSPA+ pilih yang mana?

HSDPA ada yang 1,8 Mbps, 3,6 Mbps, 7.2 Mbps…. di sini kita perlu sedikit realistis dengan kenyataan yang ada di lapangan, kita sering mengagung-agungkan  modem kita punya kecepatan 7,2 Mbps, tapi pernahkah kita BERTANYA… apakah kecepatan tersebut memang ada???? Pernahkah kita menjelajah internet dan merasakan kecepatan tersebut??? Pengalaman kami dilapangan dengan modem yang memiliki Downstream 3.6Mbps sudah lebih dari cukup … kenapa ? Karena sampai hari ini kami belum pernah mendapatkan kecepatan tersebut.. Soo JANGAN BAYAR MAHAL untuk sesuatu YANG TIDAK PERNAH KITA RASAKAN. Karena nilai ini akan membuat perbedaan harga modem yang cukup signifikan.

3. HSDPA, HSUPA, HSPA+

Berbicara teknis seperti ini, yang perlu kita pahami adalah layanan Internet yang kita pergunakan apakah harga langganan yang kita bayar benar-benar akan mendapatkan spesifikasi teknis di atas. Karena berdasarkan PENGALAMAN lagi … kebanyakan pengguna internet di Indonesia menganut mau layanan MURAH tetapi CEPAT/BAGUS, jadi balik lagi ke hukum awal bahwa SEMAKIN BAGUS layanan yang kita inginkan tentu HARGA yang kita BAYAR semakin MAHALLLLLLL, so jangan berharap cuma dengan membayar CEPEK CENG sebulan mau dapat kecepatan MURNI 1 Mbps.

Jadi kalau kita cuma langganan layanan internet 100rb perbulan makan modem dengan teknologi HSDPA 3.6 Mbps udah sangat cukup nggak mesti HSUPA apalagi HSPA+

4  MEREK APA..????

Ini yang menjadi perdebatan banyak pengguna Modem GSM ada yang menyatakan merk A lah yang terbaik, ada yang menyatakan merk A kurang baik dsb dsb dsb.

Padahal banyak faktor yang menentukan pendapat-pendapat tersebut diatas, misalkan saja, masalah panas pada modem, peletakan modem pada port USB akan sangat mempengaruhi panas yang terjadi, jika modem diletakkan pada sisi port USB yang ada kipas buang udara dari dalam bodi notebook, hal ini tentunya akan membuat modem tersebut akan terasa cepat panas karena sebenarnya ada panas dari udara buang dari dalam notebook, untuk itu perlu penelaahan mendalam jika menyatakan ulasan mengenai merek yang layak digunakan.

5. SO… Jadi Bagaimana ..???

Cara tergampang berdasarkan Pengalaman, adalah memilih Modem yang sudah diUnlock dan dibundel bersama operator ternama semisal O2, T-Mobile, Vodafone, Mobinil, SmartBro dan merek menjadi nggak berguna di sini karena kita mengambilnya dari SOP yang dimiliki oleh operator-operator ternama tersebut.

6. Faktor Lain yang perlu diperhatikan…!!!

Fasilitas untuk kit tambahan semisal Antena, MicroSD menjadi perlu kita perhatikan ketika memang itu kita perlukan, semisal daerah kita sinyal 3G sering merem-melek maka kit Antena eksternal menjadi hal yang wajib agar modem dapat memegang sinyal 3G dengan baik, untuk hal ini perlu kita mempertimbangkan membeli modem yang memiliki fasilitas untuk menyambungkan dengan Antena eksternal.

~~~ Semoga Bermanfaat ~~~