Raspberry Pi 3 B+ kurang smooth kalau dipasangin Android

Niat awalnya pengen buat Android untuk aplikasi yang diperlukan di Mianova Komputer ternyata setelah diinstall raspand atau lineage, proses instalasi memang berjalan lancar namun saat sudah selesai instalasi, dan eksekusi aplikasi yang terinstal terasa labreta…

lanjut membaca…

Faif O wan

Dapat notifikasi Google, langsung sikatttt.. eng ing enggg, android ku jadi 5.0.1 alias faif o wan 😀 😀
Yang pertama diperiksa setelah usai update ya BCAMobile, running or not, Alhamdulillah smoothly coyyy…!!!

tmp_16773-Screenshot_2014-12-18-05-27-45-1183773530

Bug Chrome di Nexus 5

Yeahh ketemu lagi bug nih, biasa TB ngeblog via Google Chrome untuk akses wordpress.com, tapi semenjak di Lollipop entah kenapa ya, saat sudah di Dasboard wordpress, sistem jadi FREEZE nggak bisa ngapa-ngapain, scrool ndak bisa. Nggak ketemu solusi akhirnya pindah pakai firefox

Freeze nggak bisa ngapa-ngapain

Freeze nggak bisa ngapa-ngapain

Android Emulator di Lucid Lynx

He he he… maklum antusias terhadap ponsel pintar Android tapi nggak cukup kantong buat belinya jadi ya sudahlah manfaatkan apa yang ada emulator pun jadi lah 😀

Let’s rock  … :

1. Instal Java dulu di Lucid, buka Application->Accecories->Terminal jalan kan perintah :

$ sudo apt-get install openjdk-6-jdk

Tunggu proses selesai dan jika memang sudah terinstal javanya cukup cek saja via terminal dengan perintah:

java -version

Jika memang sudah teinstal akan muncul versi java yang ada.

:~$ java -version
java version "1.6.0_22"
Java(TM) SE Runtime Environment (build 1.6.0_22-b04)
Java HotSpot(TM) Server VM (build 17.1-b03, mixed mode)

Oke Java udah siap kita Lanjut ke langkah berikutnya :

2. Unduh berkas SDK Android di sini

3. Ekstrak berkas hasil unduhan tersebut, berkas untuk menjalankan emulator android ada pada direktori android-sdk-linux_86/tools. Jalankan dari terminal dengan perintah ./android, jika Anda tidak mau bersusah payah untuk masuk kedirektori tempat berkas berada untuk menjalankan emulator tersebut, atau dengan kata lain dapat menjalankan dari sembarang posisi, maka Anda dapat menambahkan path pada search path berkas ~/.bashrc dengan perintah :

export PATH=$PATH:~/direktori hasil tempat android-sdk-linux_86 berada/tools

Agar Anda dapat langsung menggunakan search path tersebut lakukan logout dan login kembali.

4.Nah sekarang Anda dapat menjalankan perintah android dari sembarang tempat melalui terminal.

5. Selanjutnya kita menambahkan SDK Android dengan cara mengunduh dari Internet. Karena pada saat selesai instalasi belum ada SDK yang terinstal. Kok bisa tahu..??!!! Gampang aja buka terminal trus ketik :

$ android list
Available Android targets:
Available Android Virtual Devices:
$

Nggak ada kan paket SDKnya. Lanjoettt ke penambahan SDK dengan perintah :

$ android update sdk

6. Muncul jendela :

Upgrade SDK

6. Pilih Accept trus Install tunggu sampai proses unduh SDK rev baru selesai

7. Setelah selesai mengunduh silahkan cek di terminal hasilnya :

android list
Available Android targets:
id: 1 or "android-3"
     Name: Android 1.5
     Type: Platform
     API level: 3
     Revision: 4
     Skins: HVGA-P, HVGA (default), QVGA-L, QVGA-P, HVGA-L
id: 2 or "android-4"
     Name: Android 1.6
     Type: Platform
     API level: 4
     Revision: 3
     Skins: WVGA800, WVGA854, HVGA (default), QVGA
id: 3 or "android-7"
     Name: Android 2.1-update1
     Type: Platform
     API level: 7
     Revision: 2
     Skins: WQVGA400, WVGA800, WVGA854, HVGA (default), QVGA, WQVGA432
id: 4 or "android-8"
     Name: Android 2.2
     Type: Platform
     API level: 8
     Revision: 2
     Skins: WQVGA400, WVGA800, WVGA854, HVGA (default), QVGA, WQVGA432
id: 5 or "android-9"
     Name: Android 2.3
     Type: Platform
     API level: 9
     Revision: 1
     Skins: WQVGA400, WVGA800, WVGA854, HVGA (default), QVGA, WQVGA432
Available Android Virtual Devices:

8. Ok kita sudah memiliki perangkat nya didukung, selanjutnya kita mesti membuat perangkat virtual(virtual device) dengan cara :
Dari terminal jalankan

$ android

Setelah muncul :

New Virtual Device

9. Muncul jendela

Buat AVD baru

10. Misalnya seperti Berikut :

Contoh

11. Setelah selesai klik Create AVD, selanjutnya tunggu sampai proses selesai dan muncul pemberitahuan :

Konfirmasi berhasil Pembuatan AVD

12. Selanjutnya dapat kita cek ke melalui terminal :

 $ android list avds
Available Android Virtual Devices:
    Name: BelitongAndroid
    Path: /home/syafiudin/.android/avd/BelitongAndroid.avd
  Target: Android 2.3 (API level 9)
    Skin: HVGA
  Sdcard: 4000M

13. Sudah ada AVD, bisa dijalankan dengan perintah :

$ emulator @BelitongAndroid

Pada saat pertama kali eksekusi, emulator agak lama.
Eksekusi dapat juga dilakukan dengan cara klik start pada daftar menu di menu AVD,
Muncul Android :

Gootcchaaa Android in Your PC

Menu Android

14. Selanjut menginstal aplikasi di Android, cara detilnya bisa dilihat di sini, tetapi baiklah kita pakai cara gampang saja 😀 , misalkan saja kita telah memiliki aplikasi Android yang berformat .apk, pertama-tama pastikan emulator berjalan dengan sempurna dengan cara :

$adb devices
List of devices attached
emulator-5554	device

Ketika sudah yakin jalan maka tinggal instal program yang berformat tersebut dengan perintah :

$ adb install [namaberkas.apk]

He he Gampangkan…

~~~ Happy Droid ~~~