Menyiasati hegemoni matik

Hegemoni matik saat ini jelas sudah tidak tertandingi, boleh dikatakan mirip internet lah yang sudah menjadi aspek kehidupan, matik adalah aspek bertransportasi yang praktis dan hemat. Menurut ku ini nggak bisa dilawan, waktunya matik diatas, pabrikan ya kudu create matik yang memenuhi selera konsumen.

Nah pernyataannya bagaimana dengan segmen yang tergerus oleh matik, bagaimana harus bertahan..? Seperti halnya dengan yang telah tergerus internet, bagaimana mereka bertahan, begitu pula dengan segmen yang digerus oleh matik, cara bertahannya adalah diferensiasi. Segmen yang banyak diambil oleh matik adalah cub alias bebek, pabrikan melakukan inovasi dengan menghadirkan bebek super bagi yang ingin performa like sport tetapi tidak menyenangi gaya macho motor sport.
Namun hasilnya tidak maksimal karena memang segmennya terbatas, sehingga efeknya lebih kepada branding saja, sedang segmen yang memang memberikan fulus signifikan di masa lalu tetap tak tersentuh.

Memang tidak akan kembali seperti dahulu namun pabrikan dapat membuatnya menjadi pilihan yang unik sehingga memiliki pengguna setia pada akhirnya.

Contoh sederhana jika Honda merilis supercub ini di Indonesia untuk menjadi entry level cub, artinya mirip dengan entry level matik, yang harganya akan terjangkau oleh kebanyakan orang, dan akan menjadi pilihan sulit, tapi masih tetap berada dalam satu brand.

Selain itu juga motor dengan desain everlasting ini akan membuat basis komunitas baru di usia konsumen tua muda, yang muda memiliki pengalaman baru dengan cub yang mengedepankan lifestyle sedangkan yang tua akan mendapatkan memori masa lalu mereka di saat muda.

Menurut aku pabrikan seperti Honda patut mencobanya, alih alih mendatangkan(impor) Super cub yang mahal, mereka dapat menambahkan varian baru Revo dengan genre retro yaitu Revo SuperCub, dengan pricing yang tidak terlalu tinggi.

Mau nggak ya Honda..???

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s