Membandingkan dua kamera, apa yang menjadi acuan…?

Saya sering ditanya sama teman-teman, kamera A dan B bagus yang mana..? Pertanyaan umum seperti itu jujur sangat sulit untuk menjawabnya karena saya tidak mengerti apa kebutuhan sang teman secara spesifik atau sederhananya dia cari kamera buat apa, buat foto kah atau lebih banyak video, banyak dipakai waktu siang atau malam, trus budget yang hendak dikeluarkan berapa, sehingga saya sering menjawab, keduanya bagus tergantung kebutuhan teman.



Saya pribadi kalau melihat kamera jarang melihat secara holistik, cenderung saya melihat pada mata kameranya dahulu apalagi kalau bukan sensornya, karena dari sinilah semula bermula di era digital fotografi. Kemampuan kamera menangkap cahaya menurut saya merupakan pertimbangan utama, sehingga bagi saya tidak tepat memperbandingkan kamera berdasarkan harga yang ditawarkan, bagi saya membandingkan dua kamera artinya melihat kelebihan dari masing masing kamera yang memiliki ukuran sensor yang sama, sehingga faktor acuan kepekaan terhadap cahaya atau iso, maupun batasan atau tebalnya ruang tajam bukan lagi menjadi faktor penentu dalam melihat kamera, karena ukuran sensor yang sama, makan kinerja ISO maupun DOF akan tidak berbeda secara signifikan.

Sehingga kita menjadi murni akan melihat kepada gimnick atau fitur yang diberikan oleh masing masing pabrikan, seperti, kecepatan autofokus, In Body Image Stabilize (IBIS), weathershield,ergonomi desain.
Bagi saya dengan hanya membandingkan fitur yang disematkan jelas akan memudahkan user pembaca memilih dengan tepat produk yang mereka inginkan tanpa harus terkunci dalam brand minded. Dan pemenangnya adalah produk yang paling lengkap menyematkan fitur yang dibutuhkan dengan kompensasi harga yang masuk akal lah yang akan menjadi pemenang.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s