Membuat Style sendiri pada darktable

Saya menggunakan darktable untuk mengolah berkas RAW dari kamera mirrorless saya. Pada tulisan kali ini saya akan membagikan trik bagaimana agar foto yang kita lakukan proses post processing memiliki karakter warna yang sama dari setiap fotonya.


1.Pertama buka file RAW yang hendak diedit melalui jendela darkroom, lakukan editing yang dikehendaki, sampai warna nya sesuai dengan apa yang kita kehendaki. Namun untuk membuat style ini jangan lakukan proses cromping atau proses lainnya yang akan melakukan perubahan dimensi fisik foto. Karena akan berakibat juga melakukan proses perubahan dimensi pada foto yang akan diterapkan berikutnya.
Sehingga paling aman ya cukup melakukan koreksi warna foto atau sejenisnya.

2. Setelah warna dirasa sesuai dengan kehendak kita maka, pindah ke jendela lighttable, pilih style pada menu sebelah kanan.

Lanjutnya pilih create dan berikan nama sesuai dengan yang kita kehendaki, selesai.

3. Jika kita ingin menyimpan atau berbagi style anda dengan teman atau digunakan di komputer lain, maka dapat dilakukan dengan memilih tombol export pada menu style, beri nama dan tentukan lokasi penyimpanan file. File akan tersimpan dalam format namafile.dstyle . Tinggal dipindahkan atau dibagikan file style yang kita miliki.

4. Untuk menggunakan style dari teman kita atau buatan kita sendiri namun hendak dipakai pada komputer lain yang sudah ada darktablenya, cukup lakukan import dari menu style, cari berkas dstyle yang hendak dipergunakan.

5. Untuk menggunakan style pada file RAW sangatlah mudah, cukup dengan memilih file RAW yang hendak diterapkan kemudian pada bagian bawa dari menu darkroom di bawah foto terdapat gambar seperti berikut

Klik pada gambar maka akan muncul pilihan style, pilih style yang Anda ingin, ta daaaaaa, sekarang berkas RAW sudah menggunakan style yang sesuai dengan keinginan fotografer.

Selamat mencoba semoga bermanfaat

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s