Honda berhasil merendam Mission WinNow

Keberhasilan Marquez mengunci gelar juara dunia MotoGP ke-8 di Sirkuit Chang Thailand sebenarnya merupakan bagian dari strategi Honda untuk meredam misi Ducati yang pada tahun 2018 hampirrrr juara Dunia motoGP. Dan tidak tanggung-tanggung pada musim 2019 Ducati meluncurkan Mission WinNow sebagai bagian dari kampanye mereka agar dapat merebut Juara Dunia tahun 2019.



Namun rencana tersebut ternyata menjadi perhatian Honda. Honda berhasil memberikan motor dengan performa yang dapat berjibaku dengan pemilik misi hingga dengan kecepatan adaptasi Marc Marquez, RCV213 dapat kembali menjadi juara Dunia tahun 2019. Lantas timbul pertanyaan apakah RCV213 memang didesain dengan Marc oriented, IMHO nggak juga. Jangan sampai ketika adaptasi yang dilakukan oleh Marc lebih cepat dibandingkan dengan pembalap Honda lainnya, maka motor dikatakan Marc sentris, harusnya tidak seperti itu, setiap pembalap punya kesempatan yang sama, namun Marc dapat menyesuaikan dengan cepat, itu saja.

Bagi saya kalau Honda memberikan tambahan power di RCV213 versi 2019 agar dapat berjibaku dengan Ducati di track lurus, wajar saja jika pabrikan tidak mau kalah dengan pabrikan lainnya yang memiliki mesin tipe sama. Nah disinilah IMHO masing-masing pembalap pabrikan menyesuaikan diri, atau mengerti bagaimana mengendalikan motor yang diberikan pabrikan.

Ketika ada pembalap yang berhasil dengan motor tersebut, sedangkan pembalap lain belum, bukan berarti motornya yang salah 100% ,di sini lah pembalap lain harus mencapai level pembalap yang telah berhasil menjinakan motor tersebut, terdengar teroritis.? Memang namun ini lah fakta yang terjadi, dan apa yang berhasil dilakukan oleh seorang pembalap jelas menjadi barometer pembalap lainnya, suka nggak suka.
Sehingga sangat wajar pabrikan akan melakukan support lebih terhadap pembalap yang memiliki prestasi, karena pabrikan memerlukan pembalap yang memberikan kemenangan he he…

Setelah seri Chang Thailand, masih ada 4 Seri lagi, masih ada peluang bagi pabrikan lain untuk mencuri kemenangan untuk katagori tim dan konstruktor, berhasilkan pabrikan lain menjegal Honda, kita tunggu saja.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s