Hadapi Kawasaki 4 Silinder 250cc inline, Honda siapkan V4 250cc …?

Isu Kawasaki akan meluncurkan motor 250cc 4 silinder segaris sudah sangat kuat. Bulan Desember 2019 adalah waktu yang diyakini oleh banyak pihak Kawasaki akan meluncurkan produk flagship mereka di segmen 250cc. Tentu hal ini akan menjadi tantangan pabrikan lain terutama Honda yang tidak mau hegemoni mereka terusik.


Apa yang telah dipersiapkan oleh Honda…? Menurut salah satu blog yang menjadi referensi saya di sini silahkan dibaca di link tersebut, bahwa sebenarnya Honda telah memulai project mereka dari waktu sebelum CBR250RR meluncur, artinya project 4 Silinder inline 250cc, 2 Silinder V 250cc merupakan sesuatu yang telah dipikirkan oleh Honda dan sudah dipersiapkan rancang bangunnya. Namun karena overkill dalam menghadapi Ninja 250 cc 2 silinder akhirnya Honda memilih untuk merilis produk yang serupa namun dengan fitur-fitur modern dunia balap saat ini.

Bagaimana dengan kehadiran Kawasaki 250cc 4 silinder..? Tentu Honda sudah mempersiapkannya, bisa dengan sama-sama 4 silinder inline, V2 250cc atau pun V4 250cc. Apakah yang akan dipilih Honda..? Coba kita analisa dengan sederhana saja.

Kelas 250cc adalah kelas tertinggi bagi segmen sport Indonesia, sebelum motor masuk ke kategori barang mewah yang tentu tidak akan menjadi pilihan banyak pihak. Nah suka nggak suka, kehadiran CBR250RR di pasar roda dua Indonesia dengan fitur-fitur terkini sangat mengusik eksistensi Kawasaki 250, walau pun tidak terdapat data pasti bagaimana kondisi marketshare saat ini, namun rencana peluncuran ninja 250cc 4 silinder adalah bukti bahwa CBR250RR memberi ancaman serius pada Ninja 250 cc.

Bagaimana langkah Honda dengan kehadiran Ninja 250cc 4 silinder nantinya, IMHO Honda jelas sudah sangat-sangat paham plus siap dengan kehadiran Ninja 250cc 4 silinder dan juga respon Honda tidak lah akan lambat disinyalir saat ini project Honda Sport 250cc 4 Silinder telah berjalan, artinya kesiapan Honda jelas-jelas bukan cerita asal saja. Nahh yang menarik V4 250cc atau Inline 4 Silinder 250cc seperti layaknya Kawasaki.

Baiklah, pertama kelas 250cc adalah kelas akhir atau kubikasi tertinggi yang diperbolehkan tanpa embel-embel barang mewah ketika kubikasi telah berada diatas kubikasi motor 250cc. Artinya kelas 250cc adalah kelas yang menjadi cinta terakhir kebanyakan bikers Indonesia, yang doyang atau pengen memiliki motor kubikasi tinggi namun terkendala finansial.
Bagi Honda ini bukan sekedar perlawanan sporadis, tetapi perlu rencana yang matang dan all out untuk memberikan yang terbaik bagi Konsumen. Artinya Honda perlu 1 produk sport 250cc yang benar-benar beda dan baru untuk memberikan perlawanan kepada Ninja 250. Jika Kawasaki tetap menggunakan lini sport 250cc mereka dengan mesin 4 silinder segaris, harusnya Honda tidak akan melawan dengan 4 silinder segaris, artinya Honda harus punya perlawanan dengan sesuatu yang beda. Kenapa..? Karena segmen ini relatif terbatas, harga pun di yakini nggak murah-murah banget, sooo dengan perbedaan yang signifikan dengan kompetitor, hal ini akan menjadi magnet tidak hanya pada segmen ini tetapi juga bagi segmen diatasnya.

Sederhana pemikiran saya seperti ini, jika Honda merilis mesin V 4 silinder 250cc, maka ini seperti magnet, kenapa, jelas sensasi nya beda, kesan nya beda, memang suara tidak semerdu 4 silinder segaris namun experience yang diberikan jauh lebih menarik.
Pada segmen pencinta 250cc jelas daya tariknya kuat, power jelas lebih baik, plus sensasi mesin V sudah didapatkan dengan engine 250cc yang relatif tidak terlalu liar dibandingan mesin V 1000cc misalnya.

Bagi segmen diatasnya, alias memang yang punya duit berlebih buat beli Moge, 250cc V4 bisa menjadi toys, atau learning bike bagi mereka sebelum membeli real V4 1000cc, artinya juga jika kaum behave pengen ngerasain V4 nggak mesti keluar kocek terlalu banyak ketimbang beli yang kubikasinya besar.

Dengan dua potensi pasar ini apakah Honda akan merilis V4 250cc …? Let’s see….

One comment on “Hadapi Kawasaki 4 Silinder 250cc inline, Honda siapkan V4 250cc …?

  1. Ping-balik: 4 Silinder 250cc lebih asyik naked kayaknya. | Teras Belitong Blog

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s