Genio pelebar sayap Honda di segmen low entry

Pertama Honda merilis Genio saya tidak masih mengira-ngira kemana produk ini akan mengarah, walau Honda menyatakan bahwa ini adalah produk Generasi Eksis dan menelisik kisaran harga yang masih di bawah the real retro skutik Honda Scoopy, namun dengan masif nya iklan dan pemberitaan Genio, saya menduga Honda sedang membuat segmen baru di low entry matik.


Segmen yang menurut saya tidak terdefinisi secara kongret, tetapi ada, yaitu low entry retro matik IMHO. Kemana nyasarnya..??? Ya seperti yang Honda pilih generasi eksis . Namun apakah ini sebagai pelepas dahaga bagi konsumen yang nggak kesampaian ke Scoopy, menurut saya enggak juga, karena harga Scoopy nggak terpaut sampai 5 juta, sehingga batas fisilogis harga tidak terbentuk, artinya yang beli Genio bukan nggak mampu beli Scoopy tetapi memang nggak mau beli.

Soo kemana sasarannya. IMHO yang dilakukan oleh AHM menurut saya adalah justru menyerang Skutik Eropa yang memang banyak diminati oleh generasi eksis, Lho kok ke situ…? Ya iya lah coba perhatikan dengan jeli, jika gen eksis ditanya jika ada duit atau duit cukup, mau nggak beli lambreta, vespa atau Scoopy, kebanyakan pasti akan memilih Vespa. Namun jika duit Cukup tapi nggak ada Vespa atau Lambreta, akan kah memilih Scoopy, jawabannya IMHO belum tentu. Karena hasrat terhadap Vespa, Lambreta tidak dapat dibisa dipenuhi oleh Scoopy, artinya Honda miss produk. Nah ini berhasil mereka tangkap.
Kecenderungan generasi eksis ke skutik Eropa namun apa daya pricing yang gila-gilaan untuk ukuran kebanyakan Masyarakat +62 membuat hasrat tersebut terpendam.
Skutik Honda Genio IMHO, dirilis Honda untuk menjawab peluang ini, desain yang simple dan fungsional layaknya Skutik Eropa, memberikan aura matik retro yang stylesnya modern gaya skutik Eropa. Mau dengan pricing yang lebih kejangkau ketimbang motor skutik Eropa.
Dengan pricing lebih terjangkau dan desain fresh, mesin dan rangka yang benar-benar all new, jelas menjadi gimnick baru penyuka matik retro yang modern. Walau desain tidak murni Europe style namun kesan retro tidak sekental Honda Scoopy.

Kedepan jajaran Skutik entry level Honda memiliki batalyon baru baru yaitu retro entry level, artinya jika pabrikan lain tidak membuat, maka akan menjadi pendulang fulus disegmen entry level tanpa memiliki saingan, dan juga jika konsumen bosan dengan matik entry level yang biasa-biasa saja, dengan tambah fulus sedikit dapat entry level retro.
Belum lagi Generasi eksis yang mengingin retro simple khas Eropa, namun tidak membuat kantong orang tua botjor maka Honda Genio menjadi jawabannya.

Perlukan diversifikasi, tentu perlu, apa saja ? Bikin versi headlamp nemplok di stang mungkin khusus daylight lamp, dan dengan desain persegi sehingga pilihan semakin banyak.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s