Tetap bertahan di Ubuntu

Terfikir untuk menggunakan Windows kembali, namun dengan membeli alias nggak pakai bajakan, coba kembali melakukan instalasi Windows pada PC production milik ku, saat menginstal windows memang tidak terlalu masalah, namun ketika mulai ke aplikasi saya merasa memang tidak senyaman di Ubuntu.



Akhir saya putuskan balik kembali ke Ubuntu, karena setelah install Ubuntu as desktop system aplikasi yang standar seperti office suite, browser, email client dan beberapa aplikasi umum lainnya sudah terinstal, sehingga waktu saya dapat dipergunakan untuk menginstal aplikasi lain yang memang spesial untuk pekerjaan saya.

Integrasi aplikasi ke OS memang sudah ada di windows 10 lewat windows store, namun tidak lah senyaman apa yang ada di Ubuntu. Hampir semua aplikasi yang saya butuhkan sudah ada di repository ubuntu, kecuali daya pingin aplikasi yang blending edge atau aplikasi yang masih versi development baru saya ngulik, namun itu pun nggak susah, cukup membiasakan untuk membaca pesan error/galat jika gagal dilakukan.

Pada sisi ini memang Ubuntu terlihat unggul jauh IMHO, namun memang untuk aplikasi yang umum dipergunakan di +62 memang Ubuntu tidak memiliki namun cuma padanannya saja, nah bagi saya ini sudah cukup dan lebih baik dari pada menggunakan bajakan. Lightroom bagi saya sudah sangat tergantikan dengan darktable, premiere sudah tergantikan dengan kdenlive, corel sudah tergantingan dengan inkscape. cukup is enough.

Merasakan performa Windows 10 dengan Ubuntuk 19.04 dengan spek hardware yang sama, terlihat kalau ubuntu lebih cepat, baik booting maupun loading aplikasi sejenis. Soo akhirnya saya tetap bertahan dengan Ubuntu yang bagi saya memang lebih nyaman dalam menggunakan.

Siapapun bebas memilih.

2 comments on “Tetap bertahan di Ubuntu

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s