Lumix G95 all around kamera m43..?

Dengan telah diperkenalkannya Lumix G95 oleh Panasonic maka bertambah lagi pilihan bagi vlogger pilihan kamera dengan harga yang relatif terjangkau namun dengan fitur-fitur yang mumpuni. Sebagai penerus Lumix G85 maka Lumix G95 terlihat mendapatkan banyak pembaharuan.


Buat Video
Sebagai kamera hybrid, jelas kemampuan Video G95 nggak perlu diragukan, G85 pun sudah begitu populer dengan sejumlah fitur yang dipersembahkannya, nah G95 apa saja yang menjadi poin lebihnya.
G95 memiliki kemampuan mereka 4K 30fps tanpa limit waktu, sedangkan dengan kualitas HD video dapat memiliki sampai dengan 120fps tentu cukup ideal untuk membuat slow motion.
Yang perlu di catat hasil 4K G95 mengalami crop sebesar 1.28x lebih besar dari G85 yang hanya 1.18x
Salah satu kelebihan G95 untuk video adalah V-LogL yang terpasang secara default seperti yang disertakan oleh Panasonic di Lumix GH5. Perubahan posisi input mix memberikan kemudahan saat memutar LCD saat jack mic sudah terpasang yang sedikit agak berbeda dengan G85.

Walaupun tidak memiliki limit rekaman video, G95 memiliki sensor yang mengukur suhu kamera, sehingga saat terjadi suhu lingkungan yang terlalu tinggi dan kemudian akan memberi peringatan untuk mematikan rekaman jika dirasa perlu.

Dengan peningkatan Video yang telah disematkan pada lumix G95 tentu memberikan potensi bagi G95 meneruskan kesuksesan yang telah dicapai oleh G85.

Buat Foto
Sebagai Hybrid tentunya untuk Foto pun G95 harus mumpuni, soo apa saja yang G95 bawa ..?
G95 seperti halnya generasi yang lainnya tetap mengandalkan autofokus DFD yang masih mirip dengan dengan G85 dengan 49 titik autofokus. G95 diklaim mampu focus dalam waktu hanya 0.07 detik, dan mampu fokus pada kondisi sedikit cahaya sampai dengan -4EV dengan AFS iso 100 bukaan F/2.
Menu autofokus G95 memiliki pilihan Multi fokus/custom, Deteksi wajah dan mata, AF Area Penuh yang memungkinkan fokus di titik manapun dalam frame, serta fokus dengan sentuh.
Dengan sensor 20.3 Megapiksel jelas detil dan warna yang dihasilkan jauh lebih baik dari sebelumnya.
Yang perlu dicermati G95 disematkan fungsi Live View Boost seperti pada G9 dan GH5, fungsi ini sangat membantu ketika kondisi cahaya sangat minim, dengan fungsi ini G95 mampu membuat warna LCD menjadi terang/cerah sehingga komposisi dapat diatur sesuai keinginan kita.

Lumix G95 adalah kamera Panasonic micro four thirds yang pertama kali disematkan fitur Live View Composite. Dengan mode ini ada dapat mengatur eksposure dari 0.5 detik ke 60 detik. Beda bulb mode adalah pada bulb mode hanya diambil satu gambar saja, sedang pada live view composite terdapat banyak gambar dan kamera akan mengkompilasi informasi cahaya tambahan yang ditangkap oleh sensor sampai dengan tiga jam, sehingga sumber cahaya statis tidak akan direkam terus pada mode ini.
Selain itu pada G95 Panasonic menambahkan Photo Style L Monocrome D serta grain effect yang baru. Plus lain adanya tambahan White Balance pada AWB yang terdiri dari AWB Cold (AWBc) dan AWB Warm (AWBw), fitur yang unik dan menarik untuk di coba.

Performa kecepatan foto pada G95 jika dengan Shutter Mekanik adalah 1/4000 sedangkan Shutter Elektronik adalah 1/16000. Sedangkan kecepatan foto berturut dengan fokus statis (AFS) adalah 9 foto perdetik (fps) dan fokus bergerak(AFC) adalah 6 foto perdetik

Untuk buffernya G95 mampu menampung berkas 30 RAW atau 600 JPEG saat merekam dengan resolusi penuh dan kecepatan pemotretan maksimum. Pada fungsi foto 4K nya G95 menawaran fitur baru berupa Auto Marking yang berfungsi untuk menentukan prioritas pilihan gerakan atau wajah, keduanya ditangani oleh sistem autofokus yang ada. Fitur Sequence Composition yang sebelumnya tidak ada di G85 juga tersedia, fitur ini terlebih dahulu sudah hadir di Lumix GX9.

Egronomi
Secara kasat mata memang tidak terlihat perbedaan jauh antara G85 dan G95 sepintas, namun pada sisi grip pegangan G95 terlihat sedikit lebih besar sehingga dapat dipastikan lebih nyaman di pegang.
Pada bagian atas tedapat tiga tombol kecil yaitu ISO,WB dan Kompesasi yang memberikan akses cepat untuk mengatur tiga perubahan pengaturan kamera.

Konetifitas, Batere, Media Penyimpan
G95 menggunakan batere yang sama dengan G85 yaitu DMW-BLC12 dengan kemampuan 290 jepretan saat menggunakan mode power bawaan baik EVF maupun LCD. Bedanya pada G95 sudah dilengkapi dengan Power Save LVF shooting mode yang hanya mengijinkan EVF berfungsi saat shutter dipencet separuh, nah dengan mode ini kemampuan batere menjadi meningkat 1000 jepretan sekali charger.
G95 sudah mendukung charging via USB.
Untuk konektifitas tanpa kabel ada bluetooth 4.2(low energi) dan Wifi 2.4Ghz, sehingga dapat terkoneksi dengan smartphone sebagai remote shutter atau data logging GPS sehingga foto dapat ditambahkan data GPSnya via Panasonic Image App.
Nah untuk media penyimpanan hanya terdapat 1 slot SDHC yang sudah support UHS II.

Nah masalah harga di Indonesia belum tahu, tapi dari beberapa web di US harga plus kit 12-60mm sekitar 1200 USD. Gimana udah siap-siap ya he he he

Yupsss berikut beberapa fitur andalan Lumix G95
– 20.3 Megapiksel sensor
– Body depan dengan magnesium alloy dan sudah tahan cuaca (weather sealed)
– Jendela Bidik EVF 2.36jt OLED dengan perbesaran 0.74x
– V-Log yang sudah terinstal
– 4K 30fps unlimited, HD 120 fps
– Live Composite Shooting
– DFD Autofocus 9fps with AFS dan 6 fps with AFC
– Jack Microphone dan headphone
– Bluetooth 4.2 low energy dan Wifi
– IBIS Dual IS ver 2

Tertarik, tunggu kehadirannya di Indonesia pertengahan 2019.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s