Pakai metering apa…?

Metering pada kamera bahasa sederhananya adalah bagaimana kamera mengukur kondisi cahaya pada lokasi kamera digunakan, kemudian diaplikasinya pada foto yang akan kita ambil. Sehingga dihadapkan pencahayaan yang kita dapat seperti yang kita lihat dengan mata kepala kita sendiri.

Nah kalau ditanya motonya pakai yang mana, ini sangat tergantung kondisi, cara yang paling gampang adalah dengan mencoba semua menu metering kemudian melihat perbedaan hasil tangkapan cahaya pada mode live view kamera, lihat dengan kondisi yang real di lapangan, mana yang paling mirip, gunakan itu.
Kalau saya gimana…??? Saya menyukai sesuatu yang lebih bisa saya kontrol, Kenapa..??? Karena saya pengen menghasilkan foto yang sesuai dengan selera saya sehingga saya harus bisa mengontrol semua yang ada di kamera saya termasuk metering nya. Dengan alasan tersebut saya hampir 98% selalu menggunakan spot metering.

Bagaimana dengan metering lainnya..? Jarang dipakai, yang sisa 2% biasa pakai evaluated metering saja, kalau pas kondisi cahaya memang bersahabat, namun saat terjadi perbedaan kontras yang tinggi, maka spot metering pasti jadi pilihan saya.

Bagai efek spot metering…??? Nanti saya akan buatkan videonya ya, pantengin aja ya si youuu…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s