Ninja 250SL tambah fulus dikit, dapat kubikasi 250cc

Pendekatan oleh Kawasaki Indonesia terlihat beda, alih alih melakukan atau memproduksi sport fairing 150cc sebagai pengganti ninja 150cc 2 stroke mereka justru melakukan strategi yang tidak disangka-sangka oleh jagad roda dua Indonesia.


Kawasaki melakukan positioning Ninja 250cc 1 Silinder sebagai pengganti dari Ninja 150cc 2 stroke mereka, memang hal ini dilakukan sangat wajar mengingat sejarah 2 stroke yang diandalkan adalah jambakan setannya, nah kalau pakai 150cc 4 stroke jelas nggak sampai, harus 250cc 4 stroke. Sehingga muncullah Ninja 250SL. Pada awalnya dengan pricing yang cukup tinggi kala itu ya nggak sukses, belakangan baru Kawasaki menyadari mereka harus berani ambil cuan tifissss, agar bisa membuat Ninja 250SL mereka dilirik.
Tahun 2018 gebrakan dilakukan dengan pricing Rp. 36.800.000,- jelas ini bikin kompetitor panas dingin, lihat saja harga CBR150R harga berkisar dari 33jt-38Jt, R15 di kisaran 35jtan. Harga yang betul-betul nggak masuk akal buat kelas 250cc. Power jelas beda jauhh dengan 150cc, diatas kertas jelas Ninja 250SL unggul segalanya.
Wajar kalau 2019, strategi ini kembali ditempuh, berhasil, harusnya sih iya, namun jelas ini peluang bagi Kawasaki untuk bisa menguasai pasar 250cc 1 Silinder, sekaligus menggerus pasar 150cc kompetitor. Artinya pembeli disegmen 150cc jelas jika mereka tahu akan lebih memilih motor dengan kubikasi 250cc 1 silinder jika harga terpaut tidak lebih dari 5 jt rupiah. Make sense….

Namun problemnya adalah, bagaimana Kawasaki menyampaikan ke seluruh calon konsumen, media sosial tidak cukup, karena segmen 150cc lumayan luas, untuk itu jelas Kawasaki perlu aktifitas above the line, jika memang mereka sudah siap dengan potensi indent, namun jika memang mereka yakin dan pede bahwa segmen ini nggak bakalan dimasukin oleh kompetitor setidaknya 5 tahun kedepan, sarana below the line sudah lebih dari cukup.
Selain itu juga Kawasaki harus menyiapkan kapasitas produksi yang cukup agar tidak menjadi antrian indent yang lama.

Pertanyaannya, berhasilkan Kawasaki membuat blue ocean dengan pricing strategi ini, kita tunggu saja, yang pasti, strategi ini akan jalan jika konsumen paham atau diedukasi bahwa mereka memiliki pilihan produk yang lebih superior dari produk-produk yang telah hadir duluan.

Semoga bermanfaat..!!!

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s