Komposisi yang sering saya pergunakan saat ngelandscape

Saya sangat menyenangi fotografi landscape, mungkin hampir 90 porsen foto yang saya unggah di akun instagram @terasbelitong merupakan foto dengan genre landscape. Bagaimana saya mengambil fotonya, seperti apa komposisi yang saya sukai, saya coba bagikan di sini yah, mudah-mudahan teman-teman mendapat manfaat dan inspirasi dari tulisan saya ini.

Biasanya saya membagi foto menjadi bidang vertikal dan horizontal foto menjadi 3 bidang, atau istilah nya rule of third, dengan bantuan garis inilah saya biasanya membuat komposisi. Bidang yang hendak saya ekspos memenuhi dua pertiga dari total bidang.

Foto di atas melakukan ekspose 2/3 dari bidang bawah, yang menurut saya menarik untuk diekspos, berupa gerakan air gelombang dan batu batu.

Nah pada foto diatas saya eksplore 2/3 bagian atas yang terdiri dari ujung dan ranting pepohonan, awan dan langit.

Tujuan seperti ini adalah menyampaikan pesan kepada yang ngeliat foto kita, bahwa sesuatu yang kita ingin sampaikan merupakan bagian yang mendapat porsi yang paling besar dari foto yang kita ambil. Penyampaian seperti ini menurut saya akan lebih mudah untuk dicerna dan dinikmati untuk genre landscape.

Semoga bermanfaat ya… next kita akan bermain dengan komposisi yang lain.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s