Cara gampang bikin iso file

Biasanya kita nggak nyadar kalau tiba-tiba dvd instalasi Ubuntu kita rusak, memang gampang sih tinggal unduh saja, kelas, tapi kan perlu waktu, kalau udah ada iso nya tinggal burning ulang, selesai perkara he he he .

Trus gimana dong, he he, ini pengalaman sih, dari pada pusing-pusing cari software buat iso pakai perintah satu baris aja selesai buat isonya.

Perintahnya cukup dengan :
sudo dd if=/dev/cdrom of=/home/user/namafile.iso

Di mana eksekusi perintah tersebut, ya taulah ya kalau pakai perintah di linux tentu di terminal.

Penjelasannya adalah :
/dev/cdrom = lokasi cdrom yang mau dibuat isonya
/home/user = lokasi direktori user
namafile.iso = nama file iso yang akan dihasilkan

Gampang kan…, tinggal tunggu aja nanti kalau udah selesai, muncul di terminal pemberitahuannya.

Semoga Bermanfaat

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s