Jangan nunggu cetar

Foto sunrise atau sunset memang pengennya dapet yang cetar badai, biar keren kali ya he he, akibatnya kalau nggak cetar nggak jadi moto..? Kalau saya sih cetar nggak cetar tetap aja berangkat moto, kenapa, foto itu nggak ada yang salah, mau cetar atau nggak cetak nggak salah, yang pertama kita harus suka dengan foto yang kita buat.

Bagi saya cetar adalah bonus saja, memoto tetap bisa dilakukan kapan pun, yang perlu kita latih adalah rasa dan intuisi kita, sehingga foto yang kita hasilkan saat itu, apapun kondisinya punya makna dan kita sukai, syukur-syukur bisa bermanfaat buat orang lain.

Jangan menunggu cetar juga sama maknanya dengan jangan menunggu punya lensa mahal, lensa ring merah untuk memoto, membuat foto bagus dan bermakna tidak melulu harus dengan perangkat serba wah dan mahal, walaupun tidak menampik juga perangkat yang mahal bisa membantu kita membuat foto yang lebih baik he he he (no offense).

Yang pertama adalah kuasai kamera mu, coba bereksplorasi dengan berbagai settingan di kamera mu, jangan takut salah, belajarlah dari kesalahan, pahami segitiga eksposure(ini penting banget – nanti saya juga tulis di blog ini).

Kedua, berangkatlah moto, mau ujan, mau panas, hajar terus, datangin satu spot berkali-kali, keliling sebelum memoto, lihat setiap hal yang unik, latih mata kita untuk melihat sesuatu yang berbeda dengan orang lain lihat.

Ulangi-ulangi sampai Anda yakin nggak ada yang terlewatkan Anda foto.

Mengulangi memoto membuat kita meningkatkan skill teknis kita dalam memoto, karena setiap foto yang kita ambil tentu kita akan melihat kekurangan kekurangan teknis yang ada di dalam foto.

Berangkat tanpa menunggu cetar akan membantu kita meningkatkan skill non teknis, melihat dengan rasa, bagaimana setiap foto yang kita ambil selalu menawan dan menyenangkan, tidak terpengaruh kondisi lapangan, cetar adalah bonus …ingat..!!! Kreatifitas yang terus harus diasah.

Semoga bermanfaat…!!!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s