Pilih ND64 atau ND1000

Filter ND memang salah satu hal yang wajib dimiliki jika ingin membuat foto kreatif landscape ataupun yang lainnya, karena saya memang lebih sering memoto landscape atau pemandangan penggunaan filter ND jelas menjadi penting. Efek halus baik air, mau pun pergerakan awan yang lembut dibantu dengan filter ND.

Nah bagi pemula sering timbul pertanyaan, bel ND64 atau ND1000, kalau budget ada, tentu beli keduanya lebih asyik, namun jika budget terbatas, maka jangan sampai salah pilih. Perlu dipahami dulu kalau ND64 akan menahan cahaya sebanyak 6stop, dan ND1000 sebanyak 10 stop.
Pemahaman ini penting serta nanti akan berpengaruh pada hasil foto yang diambil. Berdasarkan pengalaman saya, penggunaan ND64 lebih fleksibel saat menginginkan masih terekamnya gerakan air halus saat sunrise maupun sunset. Jika pengen banyak merekam pergerakan, misalkan air, awan, ND64 lebih fleksibel, namun jika pingin long exposure maka penggunaan ND1000 jelas lebih gampang.

Selain itu untuk membuat long exposure pada siang hari, ND1000 akan lebih mudah tentunya. Dari sini tentu mesti mengukur dengan kebiasaan kita memoto, apakah banyak pada sunrise maupun sunset atau lebih banyak pada daylight.

Jadi sesuaikan dengan kebiasaan kita saja yang mana yang hendak dipilih, semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s