Manajemen foto di Ubuntu ala @terasbelitong

Kalau yang hobby foto tentu seiring dengan waktu jumlah foto akan membengkak dan banyak, suka tidak suka hal itu pasti terjadi, nah bagaimana kita mengelola foto tersebut agar mudah diketemukan di kemudian hari…? Terasbelitong akan berbagi informasinya atau tepatnya best practices yang telah Terasbelitong lakukan sehari-hari.


Di Ubuntu linux kita memerlukan software sebagai tool untuk mengelola foto kita. Pengelolaan foto ini mencakup mulai memindahkan foto dari memory kamera sampai memberikan nama baru, menempatkan pada lokasi baru, penyesesuaian format penamaan sehingga gampang untuk ditemukan di kemudian hari, dan dilakukan dalam satu klik saja saat pemindahan. Artinya kita tidak melakukan kopi paste secara manual.

Software di Ubuntu yang sangat layak dipertimbangkan dan TB sendiri menggunakannya sehari-hari adalah Rapid Photo Downloader, software ini tersedia di repository ubuntu sehingga instalasinya sangatlah gampang.

Media penyimpanan foto yang dipindahkan dari kamera Terasbelitong menggunakan eksternal drive, dalam hal ini harddisk eksternal, bisa saja menggunakan internal harddisk komputer atau notebook, selera masing masing, kalau TB sih lebih kepada kemudahan mobilitas plus menjaga jangan sampai jika hardisk PC atau laptop crash membuat foto kita yang disimpan dalam harddisk pun menjadi lenyap tak berbekas he he he….

Bagaimana menggunakan rapid photo downloader ??? Sangatlah gampang. Jalankan program Rapid Photo Downloader, akan muncul jendela program.

Pada Rapid Photo Downloader terdiri dari tiga jendela, sisi kiri kita adalah asal atau lokasi memory card kita, yang tengah ada preview dari foto yang akan didownload ke komputer, dan sisi kanan kita terdiri dari lokasi tujuan foto(destination), mengubah nama foto(rename) (dua menu ini yang selalu terasbelitong gunakan)

Jendela Sisi Kiri :
Pilih memori mana yang hendak dipindahkan data fotonya.

Jendela Tengah :
Akan menampilkan foto yang berasal dari memori yang telah dipilih di sisi kiri, jika tinggal dipilih foto yang mana hendak dipilih.

Jendela Kanan :
Pada bagian ini akan bermain di dua pilihan yaitu :
1. Destination (Tujuan tempat memindahkan atau menyalin foto)
Pada bagian ini kita menentukan kemana foto di salin, penamaan folder tempat menyimpan foto diusahakan semudah mungkin untuk diingat sehingga memudahkankan kita mengelola berkas di kemudian hari saat jumlah foto sudah banyak.

Tips dan Trick terasbelitong :
Terasbelitong selalu menggunakan nama dengan trik sebagai berikut.
Struktur folder/direktori ala terasbelitong
JenisFile\JenisKamera\Tahun\Namalokasi\YYYY-MM-DD contoh RAW\5DMIV\2018\Bali\20180125\

2. Penamaan File foto (Rename) :
Pada jendela ini dilakukan untuk mengubah nama file foto, sehingga saat disimpan sudah mengikuti nama yang kita inginkan dan memudahkan kita dikemudian hari untuk mencarinya kembali.
Dengan Rapid Photo Downloader penamaan berlangsung otomatis saat melakukan penyalinan berkas dari memori kamera.
Terdapat pilihan cara perubahan nama, bisa mengambil dari preset yang sudah ada, atau dengan format sendiri, maupun menggabungkan keduanya.

Kalau tips dan triks dari @terasbelitong sendiri penamaan menggabungkan kedua metode itu sendiri dengan format :
YYYY-MM-DD_tipe-file_nama-tempat_NNNN.extensionfile

Keterangannya :
Yang menggunakan huruf kapital merupakan preset yang tersedia, huruf kecil adalah nama buatan sendiri.
– YYY-MM-DD = Tahun-Bulan-Tanggal dari foto tersebut, format ini sudah tersedia di aplikasi
– tipe file = tergantung berkas foto yang diunduh, jika raw maka akan @terasbelitong buat RAW, kalau jpg maka akan dibuat JPG.
– nama-tempat = lokasi dimana foto diambil
– NNNN = 4 digit urutan penyalinan dari foto dari memori ke komputer, sudah terdapat diaplikasi dann tinggal dipergunakan.
-extension file = adalah ekstensi file foto, tidak dilakukan perubahan sesuai dengan yang telah ada.

Begitulah manajemen berkas foto yang dilakukan oleh @terasbelitong, dengan pengaturan seperti ini bagi @terasbelitong hal ini mempermudah pada suatu waktu akan kembali menggunakan foto yang telah dibuat.

Semoga menginspirasi dan bermanfaat.

Iklan

6 comments on “Manajemen foto di Ubuntu ala @terasbelitong

    • he he iya, om, makanya saya suka berbagi, tapi intinya sih memang ada learning curve yang bikin orang males pake linux, tapi sih kalau mau dikit mbaca aja semua akan mudah.

      Suka

      • Saya juga pake Linux, Om. Manjaro. Karena tak perlu plug in hanya untuk mainin pilm bajakan ๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚.

        Tapi kalau urusan kerjaan, balik lagi ke Windows. Ya karena itu, tak ada temennya, sehingga format laporan akan berubah jika dibagi dengan yang lain.

        Suka

      • Iya sih om kalau kolaborasi dengan yang pakai windows bakalan ribet, kalau saya karena pakai sendiri, semua di lubuntu, mulai dari foto, video dsb, yang dilihat klien kan cuma output, kalau cling sesuai ekspektasi konsumen, amaannn, duitnya berkah karena nggak pakai bajakan he he he

        Suka

      • Saya parah donk. Udah nonton bajakan, eh softwarenya juga bajakan. Dobel deh ๐Ÿ˜‚.

        Tapi saya tak mungkin pake Linux Full Om, karena saya berkutat dengan aplikasi yang disediakan oleh pemerintah, seperti Dapodik, PMP, E Raport, dan UNBK. Mereka tak memberikan opsi untuk Linux

        Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s