HDR dengan Darktable

Dartable sebagai aplikasi open source untuk fotografi memiliki fitur yang lengkap untuk kebutuhan fotografi salah satu adalah mengolah berkas foto RAW menjadi HDR, bagi saya pengolahan dengan High Dinamic Range sangat membantu saat melakukan pemotretan kondisi cahaya yang sangat kontras seperti sunset maupun sunrise. Nah kali ini TB berbagi cara bagaimana menggunakan software Darktable untuk membuat foto HDR dengan menggunakan single RAW

File diatas adalah single RAW yang akan kita buat menjadi HDR menggunakan Darktable. Pertama kali tentu jalankan aplikasi darktable nya itu sendiri, pilih file RAW yang hendak diedit, kemudian dari tab lightable pindah ke darkroom, atau klik dua kali pada berkas RAW maka darktable akan otomatis berpindah ke darkroom.

Masuk ke pilihan menu basic group, dan selanjutnya pilih basic curve,

Pada bagian bawah basic curve terdapat pilihan fusion, pilihan ini kita pilih Three Exposures, terlihat darktable akan mensimulasikan gabungan tiga exposure yang diambil dari single raw, jangan kawatir kalau kita merasa terlalu over atau under maka dapat kita sesuaikan dengan menggeser pada slide exposure shift.

Nah sampai disini sebenarnya proses HDR sudah selesai, namun supaya makin asyik, kita lanjutkan dengan sentuhan mesra biar fotonya lebih mantap he he he.
Biar fotonya asyik,saya biasanya masuk ke menu correction grup, pilih Equalizer, kemudian pilih pada preset equalizer pilih Clarity

Masih di menu Equalizer, buka menu tersebut pilih pada bagian luma

Scrool ke bawah pilih pada blend – Parametric mask

Perhatikan huruf yang berada dibawah opacity, pilih L, kemudian geser pada input slider atas kiri ke kanan sampai angka 50 dan slider kanan atas ke kiri sampai angka 50.

Nah selanjutnya kita berpindah lagi ke Basic Group, dan kali ini kita akan bermain dengan exposure, tapi kita hanya akan menerangkan bagian yang gelap saja ya. Cara pilih exposure, scrool ke bawah dan pada blend ubah ke parametric mask
Jangan lupa untuk memindahkan ke pilihan huruf L di bawah opacity selanjutnya klik pada tombol kecil di ujung slider mask blur

Sehingga jika diklik tampilan layar utama akan seperti

Selanjutnya geser slider input sebelah kanan baik yang atas dan bawah, biasanya saya memulai dari yang atas full ke kiri, kemudian slider bawah ke kiri namun sampai batas mask yang akan kita naikkan eksposurenya.

Nah dari gambar diatas yang akan mengalami perubahan exposure adalah yang berwarna kuning. Caranya mudah dengan geser slider exposure ke kanan untuk menaikkan exposurenya, lihat preview pada jendela kecil foto disudut atas kiri.

Jika dirasakan sudah sesuai maka klik lagi tombol yang menampilkan warna kuning untuk menghilangkan warna kuning mask tersebut.
Langkah selanjutnya saya melakukan sedikit tuning dengan berpindah ke tone group, pilih local contrast, pada blend kembali gunakan parametric mask, jangan lupa untuk memilih huruf L di bawah opacity.Selanjutnya geser slider input kanan, atas dan bawah untuk mendapatkan bagian yang ingin diubah. Saya biasanya melakukan peningkatan detail plus naikin shadow

Jika sudah dirasa cukup, maka selanjutnya kita dapat melakukan adjustment warna pada sub menu color group, pilih color correction

Nah selain itu juga dapat menaikkan saturasi warna pada sub menu ini di pilihan color zone

Opps hampir lupa ya, jangan lupa untuk merubah filter di Shadows and highlights dari gaussian menjadi bilateral filter. Nah kalau pingin merubah highlights dan shadows juga dapat dilakukan di sini.

Nah segitu dulu ya sob trick dan tipsnya, semoga bermanfaat, yuk biasa kan pakai software secara legal, dengan membeli atau menggunakan yang free, malu dong beli kamera mahal-mahal tapi software post processingnya bajakan semua, kan kita marah kalau foto kita dipergunakan orang tanpa ijin kita, sama juga dengan yang punya software, mereka juga pasti keberatan kita gunakan softwarenya tanpa membayar seperti yang mereka syaratkan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s