Digitalisasi sederhana foto lama dengan aplikasi GIMP

Foto-foto lama yang masih menggunakan film merupakan kenangan yang tak terlupakan, tentu untuk menjaga berkas supaya awet dan tak lekang oleh zaman proses digitalisasi dapat membantu kita menjadikan foto yang telah tercetak menjadi file gambar jpeg.

Diatas adalah foto hasil pindai dengan alat pemindai atau scanner, saya menggunakan resolusi 600dpi saat scan dalam format jpeg, dan tidak dilakukan kompres. Setelah berkas siap, maka tinggal jalankan aplikasi GIMP, aplikasi ini aplikasi pengolahan gambar berbasis open source, dan free. Jadi nggak perlu aplikasi bajakan ya. GIMP pun tersedia untuk berbagai platform sistem operasi, mulai dari linux, windows hingga mac os.

Jalankan GIMP, saat tulisan ini versinya adalah 2.10. Pilih File kemudian Open cari lokasi file gambar yang hendak kita perbaiki.

Selanjutnya pada menu, pilih ColorsAutoWhite Balance

Sehingga hasilnya seperti berikut :

Sampai disini sebetulnya hasilnya sudah dapat diterima, namun jika pingin lebih bisa melakukan perubahan pada menu FilterEnhanceSharpen (unsharp mask). Atau mengurasi noise dengan Noise Reduction pada menu FilterEnhance

Jika sudah dirasa cukup untuk menghasilkan file jpeg, dilakukan dengan menu FileExport As dan tinggal dipilih format file yang diinginkan.

Jika ingin menyimpan berkas hasil edit dapat disimpan dalam format XCF Gimp dengan cara akses menu FileSave As

Sederhanakan, semoga bermanfaat…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s