Masalah pada lensa Panasonic Leica DG Elmarit 8-18mm F/2.8-4 saat menggunakan filter GND

Lensa Panaleica ini memang jos gandoss buat ngelandscape, bagai saya sih memang memenuhi ekspektasi yang saya inginkan, perfecto lah, sampai pada suatu pagi ada yang aneh dari hasil foto saya. Pertama dugaan saya hanyalah flare dari sinar matahari saja, namun pada beberapa pagi berikutnya dan ternyata…..

Terlihat muncul tulisan yang berasal dari lensa saat melakukan pemotretan yang dilengkapi dengan filter dan slow speed.

Tulisan pada bibir lensa yang muncul karena refleksi dari filter sebenarnya bisa diakalin dengan penutup tulisan tersebut atau tidak menggunakan teknik slow speed dan filter. Agak lucu sih kalau menurut saya kejadian ini. Yupps mudah mudahkan kedepan pihak pana leica memikirkan kondisi seperti ini sehingga tulisan tersebut kalaupun ada dibuat dari bahan tinta yang tidak memberikan atau memancarkan efek pantul ke filter.

Semoga bermanfaat

3 comments on “Masalah pada lensa Panasonic Leica DG Elmarit 8-18mm F/2.8-4 saat menggunakan filter GND

  1. Seharusnya tulisan tidak akan memantulkan cahaya bila cahaya hanya berasal dari depan filter. Setahu saya masalah refleksi tsb terjadi karena ada bocornya cahaya dari samping holder saat anda membuat esposure yang panjang.. Sering terjadi pada filter jenis slide in yang kurang rapat dibandingkan tipe screw in . Coba tutup tepian holder / filter dengan sesuatu seperti pita hitam dsb. Mudah2an dapat membantu.

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s