Jangan takut menggunakan Software OpenSource untuk fotografi

Kalau kita nggak mampu beli software untuk post processing fotografi, ada banyak software opensource yang tersedia untuk kita dari pada harus menggunakan software bajakan. Yang diperlukan hanya lah usaha kita untuk kembali belajar memahami cara kerja software baru tersebut, perlu waktu memang, ini lebih mulia dari pada menggunakan software bajakan.


Saya pun menggunakannya, pengganti Lightroom menggunakan Darktable, awalnya memang belajar dulu, menyesuaikan cara kerjanya. Namun setelah lama kelamaan justru lebih enjoy dengan Darktable, banyak fungsi-fungsi tersembunyi yang mumpuni untuk melakukan post processing berkas RAW kita.

Kalau saya memang paling sering menggunakan Darktable dan Rapid photo Downloader, Rapid Photo Downloader buat mindahin foto plus langsung rename sesuai keinginan, Darktable untuk menggantikan fungsi Lightroom.

Bagi pengguna sistem operasi Windows, saat ini pun Darktable sudah tersedia untuk Windows kalau sebelumnya Darktable hanya ada di Linux dan Mac.
Yupss kadang kendala yang saya lihat adalah persoalan mindset saja, ketika ada sesuatu yang beda dengan kebiasaan yang terjadi adalah mengatakan sulit padahal jaman NOW sumber ilmu dan informasi sangat banyak bisa lihat youtube dsb dsb.

Yuk bagi yang minat untuk menggunakan software secara legal, pakai produk produk opensource, kalaupun belum sesuai ekspektasi kita pasti ada cara untuk memaksimalkan penggunaannya, jangan takut untuk menjadi lebih baik dan berkah..!!!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s