Fotografi dan software open source

Mungkin beberapa tahun yang lalu masih sangat sulit menemukan software yang betul-betul dapat mendukung fotografer ketika hendak menggunakan produk open source dalam kegiatan post processing mereka, namun saat ini terutama bagi TB software open source sudah sangat baik dalam mendukung kegiatan post processing foto.

Saya sendiri menggunakan sistem operasi Ubuntu Linux 18.04 dengan perangkat pendukung post processing foto sebagai berikut :
– Rapid Photo Downloader : Software ini berguna untuk memindahkan berkas foto dari memory card ke media penyimpanan di komputer entah hardisk internal ataupun harddisk eksternal dan sekaligus melakukan perubahan nama dari berkas tersebut sehingga memudahkan dalam manajemen berkas foto

– Darktable : Software ini seperti Lightroom, mengelola file RAW dengan sangat apik dan menurut saya software ini adalah killing software di Ubuntu untuk fotografi. Salah satu yang saya senangi adalah kemampuan layering nya sehingga membuat editing menjadi lebih mudah dan dapat membuat foto hasil ekspor dari berkas RAW lebih baik, dalam pengalaman TB software ini juga sudah support raw RW2 besutan lumix sehingga tidak perlu konversi ke dng dulu.

– DisplayCal : Sesuai namanya software ini dipergunakan untuk kalibrasi layar monitor yang dipergunakan saat post processing. Support Spyder cuma proses kalibrasi relatif lebih lama dari pada kalibrasi di Windows. Tapi nggak apalah he he he.

Dua Software diatas Rapid dan Darktable yang selalu dipergunakan sedangkan DisplayCAL sendiri dipergunakan sesekali saja untuk kalibrasi layar monitor.

Dalam pengalaman TB Darktable memang menggantikan fungsi lightroom dengan baik jadi nggak ada alasan sih sebenarnya untuk pakai software bajakan. Yang diperlukan cuma kemauan untuk belajar dan memahami cara baru dalam menggunakan software.

Semoga bermanfaat kawan…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s