Harga makin murah, durabilitas … bagaimana..?

Berbagi pengalaman saja, menarik melihat bagaimana upaya pabrikan menekan harga produk mereka, sehingga dengan harga yang asyik di kantong konsumen dapat meminang produk idamannya.Konsumen puas pabrikan untung.
Hal ini lah yang bikin TB bertanya-tanya sebenarnya hitung-hitungannya bijimana yahh…???

Pengalaman TB menunjukkan bahwa ada strategi khusus pabrikan untuk memberikan fitur melimpah dengan harga yang reasonable. Seperti apa…? Dugaan TB adalah adalah membagi/mengkategorikan part produk menjadi slow moving dan dan fast moving, ahhh itu strategi lama, nggak juga, kalau dulu setiap pabrikan mengusahakan membuat produk yang awet dan tahan lama, istilah kata bandel. Sekarang bagaimana…? Tetap saja ada produk yang bandel namun pabrikan akan menghitung ulang part part yang memang part bergerak namun tidak signifikan untuk produk dan konsumen. Contoh sederhana adalah kabel speedometer bagi sepeda motor yang masih menggunakan. Kalau jaman dulu mungkin durabilitas produk akan bertahan sampai dengan puluhan ribu kilometer.
Nahh jaman now produk akan rusak di bawah 10.000 km katakanlah he he he, dan banyak lagi moving part menurut TB yang mengalami degradasi life time sehingga terjadi pengurangan ongkos yang tidak mengurangi keuntungan pabrikan he he he he.
Inti nya konsumen bayar murah namun dalam perjalanan biaya operasional akan bertambah jika ingin produk tetap seperti yang saat pertama dibeli. Tetap memang konsumen yang akan menanggung biaya yang timbul, namun memang tidak berpengaruh dengan fungsionalitas produk, artinya ketika konsumen tidak ingin mengganti part yang aus, produk akan tetap bisa dipakai dan berfungsi seseuai fungsi dasarnya.

Berhasil..? Tentu.. makanya ada produk yang bisa dijual dengan harga yang lebih murah atau sama dibanding dengan produk yang lainnya namun dengan fitur yang lebih canggih.

Akhirnya konsumenlah harus cerdas kalau mau membeli produk, artinya segala sesuatu berbanding dengan harga yang diberikan, semakin awet ya semakin mahal atau lebih sedikit fitur dibandingkan dengan kompetitor.

Yuk cerdas dalam menentukan pilihan…!!!

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s