MotoGP itu cairrr….!!!

Yupsss kalau di Indonesia politik itu cair artinya semua bisa jadi kawan dan semua bisa jadi lawan, ternyata paradigma tersebut merambah ke ajang balap motor paling bergengsi di Dunia, MotoGP. Hal-hal yang dalam hitungan matematis sulit terjadi tetapi bisa menjadi anomali dan terjadi di luar ekspektasi yang diinginkan oleh banyak pihak.

Berlabuhnya Jorge Lorenzo ke Repsol Honda (HRC) jelas menurut banyak pihak sesuatu yang relatif sulit tetapi faktanya terjadi. Tidak alias sedikit sekali yang memperkirakan akan seperti itu, namun paradigma di lapangan justru berbeda, di mana pabrikan seperti Honda pun perlu talenta lain untuk memperkaya khasanah data setingan motor setiap pembalap, karena tidak semua pembalap seberbakat Marquez atau Cassey Stonner yang mampu menjinakkan motor ganas. Banyak pembalap yang memang punya skill diatas rata-rata tetapi skill sedikit gila seperti Cassey dan Marquez jelas jarang. Hal ini tentu penting bagi pabrikan untuk mendapatkan data pembanding dari pembalap yang memang talenta luar biasa.
Tujuannya sederhana ketika pabrikan kehilangan talenta luar biasa mereka maka motor tersebut akan tetap kompetitif dan mampu bersaing dengan pabrikan lainnya. Sehingga tidak terjadi kesalahan jalur/path dalam mengembangkan mesin. Alias mesin bisa mengakomodir semua pembalap yang dimiliki oleh pabrikan. Cerdas khann…???

Nah tinggal bagaimana membina ego masing masing pabrikan, keynya adalah komunikasi saja. Agar duo tombak yang tajam HRC ini akan menjadi sepasang tombak yang mengarah ke kompetitor bukan tombak yang saling mengarah ke satu sama lain.
Kalau TB sih analisanya cuma itu, artinya kehadiran duo Spaniard ini tak lepas dari kepentingan HRC yang ingin mendapatkan motor dengan engine powerful tapi controlable.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s