Aisi Februari 2018 NMAX hampir 40%, Kartu kuning buat Yamaha

Ya menurut TB Yamaha sedang memasuk masa kritis yang lumayan akut, kenapa..??? Karena produk mereka yang memiliki daya saing yang relatif kuat hanyalah NMAX, karena pada awalnya masih menjadi blue ocean strategi Yamaha. Namun suka nggak suka dengan kehadiran PCX lokal, strategi blue ocean tersebut sudah berubah menjadi red ocean, artinya NMAX, akan bersaing dengan Honda PCX, yang memang sebelumnya sudah ada tetapi nggak bisa bersaing akibat pricing stategi yang tidak tepat dari PCX itu sendiri.

Kehadiran PCX lokal jelas mengoreksi pricing strategi sebelumnya, akibatnya PCX menjadi kompetitor NMAX sejati. Sementara disatu sisi NMAX merupakan tulang punggung Yamaha Indonesia yang cukup penting dengan distribusi hampir 40% pada bulan Februari 2018. Itung-itungan kasar TB, jika bulan Februari 2018 total distribusi Yamaha 19.3% maka kue NMAX dari total distribusi tersebut berada diangka 7.8% artinya, jika PCX berhasil mengambil setengah saja pasar NMAX katakanlah. Maka secara total penguasaan Yamaha jika berbasis data Februari 2018 akan bermain diangka 15-16% OMG, pasti puyenggg tuhhh Bos bos Yamaha.

Dalam pandangan TB Langkah Honda bukan PCX lokal saja, salah satu yang menurut TB juga lagi dalam bidikan Honda dari lini produk Yamaha adalah Aerox, kenapa… Ya gampang saja, Aerox juga cukup laku dipasaran, nah ini pasti sasaran empuk Honda tentunya, nggak percaya tunggu saja keluar produk padanan Aerox dari Honda.

Intinya kalau TB lihat Yamaha seperti kehilang arah, kreatifitas tahun 2006 dulu entah kemana, DNA racing yang digadang-gadangkan menjadi basi dan hampir nggak kelihatan atau menjadi path dari setiap produk mereka. Akan seperti apa…??? Tunggu saja, bukan tidak mungkin Suzuki dapat membalikan posisi Yamaha asalkan Suzuki membuang ego mereka dalam desain yang sampai saat ini sulit untuk diterima kebanyakan pasar Indonesia termasuk TB (kecuali Suzuki Bandit) he he he…

Iklan

One comment on “Aisi Februari 2018 NMAX hampir 40%, Kartu kuning buat Yamaha

  1. Ping-balik: Lini sport Yamaha mulai tertekan…??? | Teras Belitong Blog

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s