CRF150L serupa tapi tak sama…!!!

Menarik bantahan dari AHM yang menyatakan bahwa mesin CRF150L beda dengan mesin Verza walau pun spesifikasi kasat mata yang tertulis sama antara kedua motor tersebut. Memang logika sederhana TB sih keduanya harusnya nggak mungkin menggunakan mesin yang sama pleg karena memang penggunaan berbeda, kalau pun ada bagian yang sama tentu harusnya tidak akan membuat performa motor menjadi menurun drastis saat dipergunakan di arena yang berbeda.

Nah informasi yang TB terima ada beberapa perbedaan yang tidak kasat mata atas kedua mesin motor tersebut, karena akan banyak digunakan di medan off road tentunya AHM melakukan beberapa penyesuaian untuk membuat durabilitas serta kenyamanan berkendara di medan off road terpenuhi.

“Mesin Honda Verza dan CRF150L itu berbeda dengan mesin Honda CRF 150L. Karena pengendara Honda CRF150L itu membutuhkan tenaga lebih dan sering ‘betot’ gas,” ujar Technical Service Division Astra Honda Motor (AHM), Sarwono Edhi di Bandung saat Fun Touring Honda CRF 2017. “Banyak perbedaannya, pistonnya beda, selain itu ada perlakuan berbeda hardner pada bagian dome-nya. Ini dikerasin supaya tahan, karena mesin Honda CRF150L kan sering stop and go,” katanya. “Kemudian crankshaft juga beda, balancing-nya juga beda. Transmisi sama, kopling sama, durasi cam yang berbeda. Silinder head beda, karena ada pegangan frame. Final ratio juga beda, CRF 49 gear belakang dan 15 di depan. Verza 14-42. Jadi lebih narik di bawah,” ujarnya.

Penjelasan dari sisi mesin oleh Bapak Sarwono Edhi diatas tentu cukup untuk menggambarkan perbedaan di sisi mesin CRF150L dibanding mesin saudara tuanya.
Kalau dari kasat mata sih udah kelihatan yahh, mulai dari spoke weel,upside down front fork, ban tahu serta material body untuk off road yang harus nya tahan atau lentur sehingga resiko pecah seperti body plastik akan menambah biaya produksi. Inti nya ada rupa ada harga.
Kalau saya sih lebih cenderung melihat bagaimana performa penggunaan di lapangan, kalau mesin nggak khawatir, tapi bagaimana dengan sasis dan body plastik hal ini perlu pembuktian, karena penggunaan off road tentunya tidak hanya sekali sekali saja namun berkesinambungan.
Waktu lah nantinya yang akan memperlihatkan durabilitas baik mesin maupun sasis CRF150L, kita tunggu saja…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s