Benarkah kamera full frame hanya lebih di sensor saja..???

Jujur saja sebagai orang yang awam pada awalnya dengan kamera DSLR, saya pertama selalu mencari referensi dari Internet dan tulisan-tulisan fotografer kawakan mengenai kamera, lensa, komposisi dan sebagainya.
Salah satu kalimat yang terngiang-ngiang sampai saat ini adalah pernyataan mengenai sensor kamera DSLR fullframe dan APS-C yang hanya dibedakan dengan bahasa sederhana dan lugas yaitu cuma seperti beda nonton TV ukuran 40″ dan 32″, just simple like that…!!!

Pernyataan tersebut tidak sepenuhnya salah dan tidak sepenuhnya benar, namun pernyataan ini jelas bikin mindset di konsumen pemula seperti saja mikir-mikir mau beli fullframe takut mubazir karena fitur dan berbagai fasilitas mirip dan hanya dibedakan oleh sensor.
Nah akhirnya saya pun beli lah kamera dengan sensor APS-C dan dipakailah hampir setiap saat sebagai teman dalam berburu foto. Namun seiring waktu rasa penasaran saya membuat saya akhirnya meminang Kamera Full Frame juga udah agak lupa dengan ujaran bahwa cuma beda saat nonton TV aja.

Gimana rasanya setelah menggunakan kamera Full frame..??? Sama saja atau ada beda..??? Ini sebenarnya yang pengen saya sampaikan. Ternyata menggunakan kamera dengan sensor full frame berbeda jauh feelnya dibandingkan dengan yang bersensor APS-C, betul memang view lebih luas, namun selain itu juga hal terpenting adalah fitur yang dibawa oleh kamera full frame jelas lebih ciamik ketimbang kamera APS-C.

Yang saya rasakan, pengalaman menggunakannya jauh lebih oke lah, jadi nggak sekedar sensor saja yang namplok pada body kamera, namun sejumlah fitur untuk mengoptimalkan fungsi sensor, jelas menjadikan nilai lebih dibanding kamera APS-C. Jadi yang perlu diingat bahwa kamera dengan sensor APS_C dan Fullframe akan berbeda saat dipergunakan karena memang kamera dengan sensor full frame akan menawarkan banyak pilihan yang tidak ada di kamera APS-C.

Jadi nggak usah takut dengan dogma dogma yang beredar saat Anda berniat ganti body kamera atau baru mau beli namun langsung pingin nyobain kamera pro dengan sensor full frae, dijamin maknyus….!!!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s