Vario 150 apakah betul-betul merana..???

Memang tidak tepat menyaingkan Vario 150 dengan Yamaha NMAX ataupun dengan Aerox 155, namun melihat distribusi Vario 150 pada April 2017 yang sempat jatuh oleh kehadiran NMAX dan Aerox 155 walaupun kembali rebound saat bulan Mei 2017, namun sepertinya akan kembali amblas pada Juni 2017.

Lantas apakah Vario 150 akan habis pasarnya ..??? Atau seperti apa…? Pertama yang mesti disadari oleh pabrikan bahwa siklus hidup produk semakin singkat sehingga tidak mengherankan kalau tiba-tiba produk yang begitu laris mengalami penurunan permintaan yang drastis karena hadirnya produk tetangga. Namun ini bukan sepenuhnya terjadi switching pembelian produk, namun lebih kepada konsumen wait and see apa yang bakalan dilakukan pabrikan saat kompetitor meluncurkan produk kemudian memperoleh respon positif.

Switching pembelian bisa saja terjadi, namun lebih kepada pembelian dengan sistem kredit, pembelian dalam sistem cash IMHO jauh lebih rasional karena pemilik dana akan tunggu yang terbaik, sebut saja Vario 150 saat ini mengalami tekanan dari NMAX dan Aerox, konsumen sebagain menunggu apa yang akan dilakukan oleh Honda.
Nah di sini akan terlihat apa yang bakalan pabrikan lakukan, fast response, atau masih PD dengan mengatakan beda segmen dsb dsb. Kalau masih PD maka pada jangka waktu tertentu konsumen yang menunggu akan melakukan switching pembelian. Di sinilah pabrikan kudu sadar, bahwa mereka nggak bakalan mampu mengendalikan konsumen. Namun mereka sebagai pabrikan harus mengikuti dan mengedukasi selera konsumen. Edukasi bisa berhasil bisa tidak, tergantung apa yang diedukasikan. Kasus NMAX sebenarnya adalah kejelian Yamaha melihat pasar yang masih konsong dan dibiarkan oleh Honda. Honda lah yang pertama mendatangkan maxi scutter yaitu PCX, namun price policy yang diberikan tidak memberikan ruang bagi banyak konsumen untuk memilikinya, akibatnya Yamaha memanfaatkan ini dengan NMAX, hasilnya cukup menggembirakan tentunya bagi Yamaha di tengah keterpurukan mereka.

Nah Vario150 sendiri mengalami kemunduran awalnya sebenarnya bukan kehadiran NMAX, namun lebih kepada jenuhnya pasar terhadap produk tersebut, kemudian masuk produk yang beda NMAX dan harga yang make sense, sooo NMAX booming, lantas sayangnya produsen Vario 150 belum juga membuat produk tandingan sampaii tulisan ini diturunkan, dan terus terlalu PD dengan Vario150, akibatnya ketika awal-awal tidak kerasa pengaruh saat ini mulai terlihat pengaruhnya. Suka nggak suka sudah terjadi, untuk recovery kelas nggak bisa selama crash program karena bisa tekor bandar, yang terbaik adalah mempercepat produk yang sepadan. Dengan demikian Vario150 punya lagi nafas untuk bisa menjadi leading di pasar matik 150cc.

Akan bagaimana langkah Honda, kita tunggu saja, kalau tulisan ini hanya analisa ecek-ecek saja he he he….

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s