Apa saja kelebihan Tamron 18-400mm F/3.5-6.3 DI II VC HLD

Kehadiran Tamron 18-400mm jelas merupakan angin segar bagi penyuka lensa zoom all in one, bagaimana tidak rentang focal yang ditawarkan dari wide sampai ke super zoom jelas merupakan solusi penghematan untuk penyuka dslr.

Kelebihan apalagi yang bakalan didapat pemilik lensa ini yook kita rinci satu persatu-satu.

1. Lensa all in one zoom pertama di dunia yang memiliki rentang zoom sampai 400mm
Tamron lensa dengan kode model B028 adalah lensa pertama yang didedikasikan untuk kamera DSLR APS-C dengan rentang focal yang panjang dari mulai wide 18mm s.d. telefoto 400mm (perbesaran 22,2x). Karena didedikasikan untuk APS-C jika dibandingan dengan full frame (35mm) maka setara dengan 620mm. Nah dengan satu lensa ini tentu sangat lah gampang bagi peminat travel fotografi maupun penggunaan sehari-hari. Namun kalau melihat panjang fokal yang ditawarkan harusnya hampir semua genre fotografi bisa dikover mulai dari travel, wildlife, olahraga dan aksi, landscape, cityscapes, portraits and food.


2. Kualitas imej yang tetap terjaga walau rentang zoom yang panjang
Sedang menjadi rahasia umum kalau lensa yang memiliki rentang zoom yang panjang akan membuat imej atau foto yang dihasilkan mengalami penurunan kualitas yang signifikan.
Namun pada tamrom 18-400mm dengan kode B028 ini memiliki 16 elemen lensa dalam 11 group. Optik yang digunakan menggunakan material khusus dengan komponen LD (Low Dispersion) dan Elemen lensa aspherical yang efektif mengurangi wide-ranging aberrations, termasuk chromatic aberrations dan distorsi, sehingga menjamin kualitas foto yang diambil.

Distribusi daya optimal antara kelompok elemen lensa sehingga mencapai kinerja optik dan ukuran kompak, diperlukan untuk lensa zoom ultra-telephoto all-in-one yang memiliki focal length 400mm. Bahkan memungkinkan telefoto macro dengan rasio pembesaran 1:2,9.

3. Desain yang ringan dan kompak sebagai filosofi dasar Tamron untuk lensa zoom all-in-one
Walaupun lensa ini memiliki focal leght sampai dengan 400mm bukan berarti lensa ini akan seperti lensa bazoka atau termos he he he, sesuai dengan filosofinya Tamron akan membuat lensa ini menjadi kompak hanya memiliki panjang tidak lebih dari 12,2cm dan berat 706 gram saja, bayangkan kalau lensa 400mm itu keluaran pabrikan lainnya tentu berat bin besar he he he.
Desain laras lensa baru yang memanfaatkan ekstensi tiga langkah dikembangkan untuk memungkinkan pemanjangan yang diperlukan untuk menghasilkan rasio zoom 22,2x. Filosofi Tamron untuk lensa zoom all-in-one adalah membiarkan setiap fotografer untuk secara santai menangkap foto sehari-hari dengan lensa dengan ukuran praktis, dan Model B028 memenuhi filosofi tersebut.

4. Motor HLD memberikan presisi Auto Focus yang tinggi dan dan memungkinkan konstruksi lensa kompak.

Dengan teknologi motor HLD (High/low torque modulated Drive) yang hemat daya memungkinkan lensa model B028 memiliki torsi yang luar biasa, namun memiliki penyesuaian putaran motor dari dari kecepatan rendah ke tinggi tetap memiliki fokus yang akurat dan senyap.
Motor HLD memakan lebih sedikit ruang berkat ukurannya yang kecil dan bentuk busur melingkar yang memungkinkan ukuran lensa berkurang.

5. Dilengkapi dengan dengan sistem kompensasi getaran yang diperlukan ultra zoom 400mm
Tidak hanya memiliki ukuran yang kompak, Tamron 18-400mm ini juga dilengkapi dengan sistem VC(Vibration Compensation) milik Tamron, yang tentunya sangat efektif mengurangi getaran lensa saat cahaya minim atau saat mengambil foto dengan zoom.

6. Sistem diafragma elektromagnetik sekarang juga digunakan untuk lensa Nikon-mount
Sistem diafragma eletronik yang sebelumnya hanya ada di Kamera Canon, saat ini juga telah ada pada Nikon Mount, soo kabar gembira tentu akan membuat pengguna nikon bisa memilih lensa ini sebagai kawan perjalanan mereka.

7. Fitur yang disertakan sangat nyaman untuk dipergunakan setiap hari
Dengan memperhatikan keperlukan fotografi yang aktif pada kegiatan outdoor, model B028 memiliki fitur anti embun sehingga pengguna tidak perlu khawatir saat mengambil foto dengan kondisi cuaca tidak baik. Selain itu juga hadirnya mekanisme zoom lock mencegah gerakan barel yang tidak diinginkan karena pengaruh beratnya sendiri saat lensa miring kebawah ketika dibawa berjalan.

8. Kompatibel dengan TAP-in ConsoleTM
TAP-in ConsoleTM adalah aksesories tambahan yang memiliki koneksi USB, sehingga pengguna dapat dengan mudah melakukan upgrade firmware lensa atau pun penyesuai Auto Focus dan Vibration Compesation.

Nah pembaca TerasBelitong.com, diatas adalah beberapa kelebihan dari Lensa Tamron 18-400mm ini, nah tentunya untuk membuktikannya perlu dilakukan uji coba he he he, kita tunggu saja hasil uji coba dari pakar-pakar fotografi yahh he he.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s