Honda patenkan teknologi pengereman otomatis saat kondisi darurat

Melalui publikasi U.S. Patent and Trademark Office terdeteksi bahwa Honda sedang mengembangkan sistem pengereman otomatis pada motor. Gambaran paten menunjukkan bahwa sistem pengereman bekerja saat terjadi tabrakan atau saat katakanlah ketika mobil tiba tiba belok mendadak dipersimpangan.

Sebelumnya Honda juga telah memiliki sistem yang sama pada kendaraan roda empat dengan nama Collision Mitigation Braking System atau gampangnya kita singkat CMBS, namun untuk motor baru diperkenalkan pada tahun 2017 ini

020917-honda-sensing-car-633x396

Pada mobil CMBS bekerja dengan kombinasi gelombang milimeter radar dan kamera untuk mendeteksi potensi terjadinya tabrakan frontal. Ada kemiripan set up dengan yang dipatenkan untuk sepeda motor.

Saat CMBS mendeteksi potensi terjadinya tabrakan, maka CMBS akan akan memperingatkan supir, sebelum melakukan pengereman otomatis dengan tingkat pengereman tertentu. Sementara ini sistem tidak dirancang untuk mencegah semua tabrakan, hal ini menurut Honda untuk memberikan peluang bagi pengendara untuk melakukan koreksi pengereman atau pengemudi dapat mengurangi laju kendaraan alih alih melakukan pengereman untuk menghindari tabrakan. Skema CMBS dapat digambarkan seperti berikut ini :

020917-honda-automatic-braking-patent-flowchart-1-633x388
Sementara untuk Sepeda motor Honda mendapatkan tantangan untuk menambahkan pengereman darurat otomatis dalam batas-batas tertentu untuk mencegah mengganggu pengendara. Yang pada akhirnya dapat beresiko pagi pengendara. Saat pontensi tabrakan terjadi, sistem akan memeriksa apakah pengendara sudah mulai melakukan pengereman atau tidak. Dan sistem akan menambahkan tekanan pengereman serta menjaga rasio antara pengereman depan dan belakang sehingga pengendara merasakan sesuatu yang alami dan sistem otomatis ini, artinya walau pun membantu pengereman namun tidak akan mengejutkan pengendara.

Dalam pada itu jika pengendara tidak melakukan pengereman, maka sistem akan secara otomatis mengaktifkan rem belakang untuk mencegah kendaraan menukik, dan kemudian sistem akan menganalisa dan menghitung koefisien gesek permukaan jalan sebelum menentukan batas pengereman yang tepat. Jika rem belakang mencapai batas kunci maka sistem akan menerapkan rem depan. Sistem terus bekerja sampai sepeda motor berhenti atau tidak ada lagi kendala yang mengancam.

020917-honda-automatic-braking-patent-flowchart-2-498x421

Masih ada beberapa cara pengereman sampai kemudian sampai kemudian diproduksi secara masal pada sepeda motor atau tidak sama sekali. Kalau pun tidak, bagi kita paling tidak sudah mengetahui bahwa Honda memang sedang mengembangkan hal tersebut.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s