Teknologi garpu matik Honda bakalan sama dengan garpu motoGP…???

Patent yang didaftarkan oleh Honda berkenaan dengan garpu motor dengan konsep Hossack mendatangkan beberapa spekulasi sepak terjang Honda ke depan berkaitan dengan hal ini. Rumor yang menyatakan bahwa aplikasi dari garpu yang dikenal dengan istilah Garpu Hossack ini dapat saja dilakukan pada RC213V atau bahkan ke jajaran terkecil yaitu matik Honda…nah lhoo..!!!

shockbeat4_1

Baiklah apa sih sob garpu Hossack itu..? Garpu Hossack ada garpu depan yang menggunakan shockabsorber tunggal, pada case paten Honda memang salah satunya diterapkan pada sketsa model balap, dan sebuah lagi pada model skuter matik.

Hossack sendiri diambil dari pengembang garpu tersebut yaitu insinyur Inggris, Norman Hossack yang pertama kali mengembangkannya pada 1970-an. Namun sketsa rancangan garpu depan Honda tak sepenuhnya seperti Hossack. Di dokumen paten sendiri tertulis, dikhususkan untuk sepeda motor balap, yang membutuhkan setang lebih rendah, dan kompak.

Sob rancangan Honda ini menggunakan sebuah wishbone pada bagian atas dan bawah seperti extender dari rangka. Serta ditautkan ke sebuah tabung yang bertindak sebagai engsel bagi garpu. Perangkat dibuat dari aluminium yang dicetak, berbentuk seperti Y terbalik yang memegang roda depan dan sistem rem.

monosokbeat2_1

Terlihat pada gambar di atas dua lengan akan meneruskan gerakan setang ke garpu memungkinkan suspensi naik turun, sementara sebuah shockabsorber tunggal dibaut ke wishbone bawah, dan ke rangka. Tampak perbedaan cara menempatkan tabung kemudi utama yang ditautkan ke engsel depan wishbone. Sehingga wishbone bisa diperpanjang tanpa harus menambah dimensi panjang sepeda motor. Adanya wishbone akan menambah berat geometri sehingga akan mengurangi dive saat hardbreaking, udah pasti motor akan lebih stabil sob saat balapan.

Kalau di matik pengaruhnya apa ya..? Ya jelas sama soo, matik kan getar tuh sebenarnya saat kita kendarai, nah implementasi ini bisa membuat getaran yang terasa ke tangan akan berkurang, akibatnya matik kecil enak tuh diajak turing jarak jauh he he he, pengennya sob.

monosokbeat3_1

Yo wesss kapan Honda bakalan implementasikan garpu depan model gini kita tunggu saja ya sob, atau PCX lokal bakalan pakai ..? Nggak tau sob berdoa saja he he he

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s