Kilas balik 2016 – Honda semakin perkasa, segala rencana terlaksana

Kalau bicara tahun 2016 pada pasar roda dua Indonesia, semua pastinya sudah tahu bahwa Honda begitu perkasa, begitu mendikte pasar, memberikan konsumen produk yang didambakan konsumen. Honda jelas sangat lihai menjalankan semua strategy yang merupakan visi dari grand strategi jangka panjang mereka. Faktor internal mereka sangat lah solid dalam menjalankan strategi disemua lini yang mereka miliki. Walaupun memang memiliki beberapa kelemahan di beberapa sisi, namun faktor eksternal yang mendukung membuat kelemahan tersebut menjadi tertutupi dengan sendirinya.

LOGO_HONDA-GENUINE-PARTS_DLM-PUTIH

Penguasaan pasar yang hampir menyentuh 80% merupakan bukti nyata kerja keras Honda, semua segmen sudah dikuasai, matik, cub, sport, semua dalam genggaman. Sport yang semula diduga sangat sulit direbut ternyata sesuai dengan time line yang mereka rencanakan di 2016.

Bagaimana dengan 2017, dalam pandangan saya di 2017 Honda masih on going pada master plan strategy mereka, dimana setelah diadakan evaluasi sangat dipastikan akan dilakukan perbaikan perbaikan untuk semakin menancapkan kekuasaan mereka dipasar roda dua Indonesia. Melihat dari info info unconfirm mengenai produk mereka jelas di 2017 akan dilakukan peluncuran peluncuran produk produk yang memang belum mereka isi, seperti membuat lawan yang sepadan untuk NMAX. Terus meningkatkan layanan purna jual mereka, ketersediaan part, kenyamanan konsumen dan satu lagi yang saya lihat menjadi trend Honda adalah membina hubungan emosional dengan konsumen mereka sendiri. Hal ini memang sesuatu yang baru dalam ranah roda dua, namun merupakan kunci perekat kesetiaan konsumen dan juga sarana marketing tidak langsung melalui told story customer.

Tahun 2017 persaingan cenderung tidak sangat ketat, kok bisa, yupss, nggak tau kenapa, pabrikan pesaing Honda sepertinya menghindar dari head to head, mereka cenderung membuat standar baru untuk produk mereka, yang sebenarnya tidak terlalu signifikan ditanggapi oleh konsumen, contoh di matik low end Honda setia dengan 110cc kompetitor naik ke 125cc, jadi pengaruh ke konsumen..?? Nggak terlalu, karena saat ini konsumen semakin cerdas melihat value produk, 110 cc dan 125 cc secara value nggak ngaruh, kecuali kalau kompetitor ngasih 150cc harga 110cc lebih dikit, tapi yang nggak mungkin. Ada juga saya lihat dengan 155cc plus sesuatu pengaruh nggak? Belum tahu karena belum muncul tapi prediksi saya ya nggak bakalan ngaruh lah, kasus megapro 160cc lawan vixion 150cc adalah contoh nyata.

Nah yang akan terjadi di 2017 selama Honda selalu berinovasi dan tak henti memberikan add value ke konsumen, maka persaingan akan bergeser di papan tengah, dua Jepang Yamaha dan Suzuki akan bertarung di sini, walaupun Yamaha akan dominan namun Suzuki mengancam dari sisi sport yang selama ini menjadi dominasi Yamaha. Seru kahhh… tergantung keseriusan Suzuki saja. Akan menarik jika si hijau Kawasaki mau masuk ke sport 150cc tapii yyyahhh itu impian saja, mudah mudahan Kawasaki tergiur dengan fulus di situ.

2017 akan tetap menjadi tahun Honda, dan tahun 2017 merupakan pembuktian bagaimana produk Bike of The Year 2016 mereka CBR250RR berkiprah dalam pasar roda dua Indonesia. Apakah dapat membungkam kompetitor utama mereka yaitu Kawasaki Ninja 250RR.
Selain itu kita akan melihat juga bagaimana lawan NMAX disegmen matik 150cc juga akan dihadirkan Honda. Kuda Hitam GSX-R150 akan memulai debutnya di tahun 2017.

Semoga tahun 2017 dikeluarkan produk produk berkualitas untuk konsumen Indonesia.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s