Touring dengan Supra 150 GTR bebek Super

Alhamdulillah ada waktu buat nulis Mas Bro, setelah agak lama nggak sempet nulis akhirnya ada kesempatan untuk membahas salah satu produk baru keluaran raja motor Indonesia yaitu Honda Supra 150 GTR. Ya kemaren tanggal 3 Desember 2016 TB berkesempatan untuk mencoba Supra GTR 150 dalam rangka launching produk tersebut di Belitung. Acara dilakukan dengan melakukan turing dari Belitung barat ke Belitung Timur pp.

161203_raw_honda_0004-resized

Perjalanan dimulai di area kawasan wisata Pantai Tanjungpendam bergerak menuju Gantung dan terus melaju ke Manggar. Sebelumnya seluruh peserta melakukan pengisian bahan bakar di pom bensin Air Merbau.

Oya ketika TB tanya dengan panitia bahwa tim yang melakukan turing adalah dari klub motor kompetitor yaitu dari MX Club dan Satria FU club, strategi yang memang langsung menyerah, dan jelas memang Supra X 150GTR lahh yang bertugas menyodok kedua produk kompetitor, bukan Sonic 150R. Well done.

Pada saat jalanan mulai sepi terlihat peserta mulai menggeber-geber mesin untuk mencoba top speed dari produk ini. Namun karena dikawal oleh mobil patwal di depan kesempatan itu memang belum ada. Baik TB cerita dikit impresi yang TB rasakan pada supra 150GTR ini.

Berangkat TB menggunakan CBR250R single silinder, soo ketika mencoba naikin GTR terada lebih tinggi ketimbang CBR250R wajar saja sih menurut TB karena memang motor ini adalah motor dengan genre campuran adventure sehingga wheel base akan tinggi untuk memudahkan motor melewati rintangan pada jalanan yang bukan aspal.

Posisi stang yang tegak juga memang ciri khas motor bebek Honda, mirip egronomi Supra 125X.

Gear Shift pada motor bebek dengan engine DOHC 6 Speed ini sangat mulussss… dan smooth soo nyaman banget nih, tenaga ngisi dibawah, yess adventure bike, saya coba main di satu dua tiga dan empat memang pass banget nih untuk ngelibas jalanan yang nggak bersahabat, raungan engine akan terdengar di rpm 10.000 namun juru motor ini punya nafasss cukup panjang untuk menuju red RPM.

Memasuki Simpang Renggiang perjalanan mulai menemukan rintangan berupa jalanan yang sempit dan banyak lubang kecil, formasi satu baris pun dilakukan, TB mulai ekplorasi kemampuan shockbreaker belakang. Mono shockbreaker GTR bekerja dengan baik, untuk kelas bebek rendaman terhadap lubang kecil boleh dikatakan tidak terlalu terasa dan memberikan efek geal geol.

Kemampuan rem pun sangat baik, memberikan feeling yang pas kalau menurut hitungan TB dalam melakuka late breaking. Tidak terjadi gejala geal geol, mungkin ini karena ban belakang yang memang mumpuni plus suspensi yang sesuai kebutuhannya.

Nah dalam perjalanan Gantung ke Manggar TB melihat beberapa peserta mulai pegang pinggang, yupp sama TB pun merasakan hal yang sama, kenapa…?? Desain jok yang akan condong kedepan membuat rider sering melorot dengan sendiri sehingga TB merasa hal ini perlu menjadi perhatian Honda untuk melakukan next upgrade, memang kalau untuk jalanan yang tidak rata bukan aspal rider cenderung untuk berdiri daln jarang duduk namun kalau jarang tidak rata tapi beraspal jelas rider memilih duduk karena memang jalanan masih beraspal. Menurut TB Honda kudu upgrade disini. Ingat nih motor apalagi di Belitung ya akan banyak dipakai di aspal walau pun bumpi.

Nah memasuki Manggar kita bergerak menuju pantai, nah jalanan yang yang naik tanjakan relatif curam dan terjal sangat mudah bagi motor ini untuk melibasnya, dalam pandangan TB jika motor ini diganti ban semi off road jelas akan sangat mudah untuk main main dilumpur sedang dan melibas motor-motor trail yang ada dipasaran. Potensi enginenya yahuuddd lahhh.

Sampai di pantai Nyiur Melambai Manggar, rombongan istirahat sebentar, coffee break lahh, untuk menghilangkan penat selama perjalanan.

161203_raw_honda_0013-resized

Setelah istirahat dan sesi foto bersama, rombongan pun melanjutkan perjalanan, kali ini kita menuju Kelapa Kampit. Keluar dari Manggar mobil pengawalan mulai memacu kecepatan, dan peserta lain pun TB lihat sama, wahhh mau test top speed nih, well mainkan. Yahhh di jalanan ini semua rider tantjap gazzzz nggak ketinggalan TB, jalanan yang kecil dan bumpy memang menjadi tantangan tersendiri, TB merasakan mesin GTR ini memang sangat berpotensi pada kelas 150cc, control yang gampang, plus rem yang relatif bagus, memberikan kesan tersendiri selama melibazz jalur Manggar Kelapa Kampit. Nah kembali yang kurang ya joknya, tadi, beberapa kali TB melorot ketika duduk menghajar jalur yang bumpy tersebut tetapi over all oke…

Nah melewati Kelapa Kampit laju mulai menurun, tidak jauhh dari kelapa kampit beberapa rekan tester memasuki perkebunan kelapa sawit untuk menguji track tanah. TB nggak ikutan karena memang jalur biasa aja, prediksi TB sih karena nih motor punya torsi yang wokee nggak ada masalah lah kalau cuma jalur jalan tanah biasa…

161203_raw_honda_0003-resized

Nah yang menarik, adalah indikator bahan bakar yang berkedip, termasuk motor yang TB tunggangi, padahal sebelum pergi kita isi di pom bensin dan indikator full saat meninggalkan pom bensin. Artinya adalah kapasitas tangki yang tidak seperti motor sport harus menjadi perhatian kenapa, karena motor ini menggunakan engine sport 150cc DOHC arti perlu konsumsi bahan bakar yang lebih, kalau perihal jarak tempuh perliter menurut TB masih standar lahh, walau pun TB nggak ngukur secara full to full namun hitungan sederhana TB motor ini masih sangat tergolong hemat untuk kelas 150cc dengan potensi tenaga yang dimilikinya. Sooo kita isi 1 liter karena memang jarak ke Tanjungpandan menurut TB nggak terlalu jauh paling sekitar 30 km.

Malam pun turun, wah asyik nih … TB bisa melihat kondisi real lampu dari GTR150, hasilnya memang sangat memuaskan, sorot lampu GTR memang sangat terang dan dengan mudah membantu untuk menjelajah jalanan yang gelap tanpa penerangan lampu jalan. Good job.
Akhirnya Kami pun tiba kembali ke pantai wisata tanjungpandan di mana telah menunggu tim Honda untuk peluncuran Supra GTR 150 di Belitung.

Nah kesimpulan TB adalah motor bebek ini memang power full banget sebagai bebek, power yang terasa ngisi di setiap gear membuat motor ini serasa motor sport, handling yang oke punya membuat motor ini memang layak di jalan raya maupun menyusuri tempat tempat yang masih berjalan tanah. Sisi perbaikan yang mesti diperbaiki Honda adalah membuat jok yang nyaman dan nggak bikin pegel saat dikendarai lama plus melewati jalan bumpy sehingga motor ini makin nyaman dikendarai. Kapasitas tangki bahan bakar yang cuma 4,5 liter jelas merupakan hal perlu diperbaiki untuk motor dengan engine sport 150cc, motor sport 150cc rata-rata memiliki kapasitas tangki diatas 10 liter.

Kalau di rating TB memberikan nilai total 8,5 dalam skala 10.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s