Usaha keras Honda di Belitung

Sorry bagi yang suka mantengin blog ini kalau terlihat vakum, yahhh banyak aktifitas lain yang urgent yang mesti didahulukan kalau ini blog just for fun lahh, buat nambah relasi teman yang punya Hobi senasib he he he, kalau bakalan besar kayak blog papan atas pengen sihh cuma kalau kita didaerah effort nya jauh lebih besar.

Ngomongin Honda di Belitung yahh nggak ada habissnya, karena apa…??? Karena ditempat lain Honda sudah berkuasa di Belitung nggak semudah yang mereka pikirkan.

honda-remix-concept-007

TB melihat banyak hal baru dilakukan oleh Honda di dealer dealer mereka, mulai dari memajang produk di halaman, buka di hari minggu, sampai menjadi tembok pagar dealer sebagai tempat menggambar produk mereka. Kalau TB lihat sih usaha tersebut bukan tidak memberikan hasil namun hal perlu menjadi perhatian Honda sendiri adalah masalah klasik mereka di Belitung, after sale service berupa ketersediaan suku cabang.
Kalau cuma menyediakan pelumas, coolan, busi, pak rem yahhh bukan jaringan 3S namanya, ini yang sebenarnya menjadi momok di masyarakat Belitung saat berhubungan dengan brand Honda di roda dua. Kelemahan ini pun juga menjadi senjata kompetitor untuk memenangkan persaingan. Masalah suku cadang yang gak jelasss ini pun pernah penulis alami, dan beberapa tulisan mengenai hal tersebut beberapa kali sudah TB release di blog ini antaranya di sini di sini .
Apapun yang dilakukan Honda saat ini tetap harus ditunjang oleh ketersediaan sparepart yang jelas, punya time limit alias service level yang jelas, kalau hanya jualan ya nggak pakai dealer juga bisa. Dan sampai kapan pun akan sulit bagi Honda untuk menguasai Belitung jika mereka nggak konsen pada ketersediaan part.

Kalau menurut TB, saat ini Honda dari sisi produk sudah sangat baik, PR terbesar di suku cadang dan layanan, kalau di Belitung yahh Suku cadang, jangan biarkan konsumen Anda berusaha sendiri mencari suku cadang slow moving, harusnya sebagai bagian dari tanggung jawab pabrikan suku cadang tersedia walau misalnya perlu waktu, namun punya time limit yang jelas.

Ini cuma opini saya saja, mau percaya silahkan nggak mau nggak masalah kok, soalnya Honda menang saya juga mesti beli kalau beli motor Honda, Yamaha menang saya juga mesti bayar, Suzuki juga sama saja, sooo up to you.

Iklan

One comment on “Usaha keras Honda di Belitung

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s