Canon Photo Marathon 2016 – Jakarta

Ajang lomba fotografi on spot terbesar di Tanah Air untuk tahun 2016 sudah berakhir, ditandai dengan digelarnya Canon Photo Marathon Indonesia (CPMI) 2016 di Jakarta, dengan lokasi di Epiwalk kawasan perkantoran Kuningan Jakarta.

img_20161112_083241

Ajang digelar setiap Tahunnya ini telah memasuki tahun ke delapan, suatu konsistensi yang patut diapresiasi. Kota tempat penyelenggaraannya pun semakin bertambah, pada tahun ini ada tiga kota, pertama di Surabaya, kemudian di Yogyakarta dan terakhir 12 November 2016 di Jakarta. Kerennn banget yang di Jakarta penulis pun mengikuti, peserta membludak sehingga pendaftaran on the spot pun ditiadakan…!!!

Artinya insan fotografer tanah air haus akan acara-acara seperti ini dan Canon cerdik menangkapnya. Keseriusan Canon sangat terlihat apalagi ini sudah tahun ke delapan, sooo… wajar kalau Canon menjadi penguasa pasar DSLR.

img_20161112_162127

Teknis acara mungkin sudah banyak mengetahui, namun bagi saya yang menarik adalah efek marketing bagi brand itu sendiri, memang mungkin brand lain menawarkan banyak keberagaman produk yang punya spesifikasi mumpuni, oke lah aspek teknis terpenuhi. Nahh Canon menyadari mereka nggak hanya jual produk tetapi juga bagaimana meraih hati konsumen maupun calon konsumen. Makanya acara ini nggak perduli mau pakai camera dari brand manapun, ini bukan bicara brand tetapi bicara karya Anda. Cerdiknya Canon terlihat lagi, mereka memainkan emosi konsumen dan calon konsumen, bayangkan kalau brand A menyelenggarakan acara harus pakai kamera dari Brand A, mumet donggg, nahhh acara CPMI nggak seperti itu.
All brand bisa ikut asal daftar, tentu sebagai konsumen pemilik brand lain akan mikir, kok brand aku nggak nyelenggarain acara seperti ini yahhh, kok Canon perhatian ya sama semua fotografer karena semua level bisa ikut, mau pakai DSLR Full Frame, APSC, Medium Format, Mirroless ya monggo gabung…!!! Mantabbb Tohhh…

img_20161112_145347

Soo IMHO, konsep ini bakalan membuat konsumen baru hadir, konsumen lama semakin setia, hilang cerita dinamic range, sensor, simple, dsb dsb karena hati sudah disentuh, sisi emosional menjadi perhatian. Lihat saja saat ini, bisnis nggak hanya menjual produk tetapi juga menjual layanan, karena produk yang bagus kalau nggak ada layanan yang prima, nggak ada sentuhan emosi sulit untuk sukses di pasaran.

Bagi penulis Canon harus tetap konsisten menyelenggarakan acara ini setiap tahun, nggak hanya kota-kota di Jawa yang menjadi perhatian, tetapi kota-kota di Sumatera, Kalimantan, Sulawesi dan Papua pun harus mendapat jatahhh, karena penulis meyakini di setiap daerah banyak fotografer yang ingin mengikuti acara ini, tetapi karena kendala jarak dan waktu mereka pun sulit untuk meluangkan waktu, sooo improvisasi harus dilakukan agar semua wilayah bagian NKRI juga merasakan kemeriahan CPMI.

Waktu penyelenggaraan pun harus mendapat perhatian Canon, waktu dimana kondisi low season, harga tiket pesawat murah dan cuaca bagus mungkin perlu pertimbangan, jangan dilakukan di musim libur sekolah, libur hari raya atau libur akhir tahun, kenapa, yahhh bagi peserta luar pulau ini kendala, biaya transportasi dan akomodasi akan membengkak, penulis mengikuti CPMI Jakarta 2016 mesti berangkat menggunakan pesawat terbang, belum lagi cuaca yang nggak menentu membuat perjalanan menggunakan pesawat menjadi sangatlah riskan deg deg an bro, mutar sampai 6 kali karena nggak bisa landing he he he….

img_20161112_105747

Oya acara-acara pra canon photo marathon berupa sharing sesion dari para juara, sangatlah membantu menurut penulis, memang penulis nggak sempat mengikuti apalagi kalau bukan masalah jarak dan biaya, kalau bisa sharing sesion diunggah ke youtube biar kita di pulau bisa nonton juga he he he…. Terimakasih pada Kakak-kakak yang udah memberikan sharing pada pra canon photo marathon semoga amal ibadahnya mendapat balasan yang berlipat ganda.

Selamat buat para Jawara CPMI 2016 yahh bagai penulis karya-karya Kakak memang luar biasa dan layak untuk mendapatkan apresiasi.
img_20161112_094430

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s