Penjualan Honda Agustus 2016, 73,7% harusnya bisa lebihhhh…!!!

Honda kembali bergembira atas keberhasilan penjualan motor mereka yang secara prosentase telah menyentuh angka 73%an, walaupun belum menyentuh angka psikologis 80% namun angka tersebut tentu membuat saingan terdekat mereka Yamaha menjadi semakin ngos-ngosan dalam menggenjot penjualan.

IMG-20160905-WA0004


Dari data yang di rilis tersebut terlihat bahwa kontribusi terbesar Honda diperoleh dari segmen matik (78,4% terhadap pasar nasional Agustus 2016) selanjutnya cub alias bebek (59,6%) dan terakhir sport (44,2%), terlihat kalau matik adalah tulang punggung Honda, yang nggak usah kita pusing pusing tentu Beat lah rajanya. Beat terjual 157.462 unit diikuti Vario series yang terjual 128.421 unit, kemudian Scoopy eSP sebanyak 53. 083 unit, All New Honda PCX 150 350 unit, dan Spacy yang terjual 129 unit.
Nah lihat sendiri Mas Brooo PCX nggak berdayakan dikerjain sama NMAX ini sebenarnya peluang Honda yang terbuang, sayang kalau Honda terlalu lambat menciptakan counter part Yamaha NMAX.

Lanjut ke Bebek pada Agustus 2016 total terjual 29.754 unit pada Agustus 2016 atau 59,6% pasar nasional tumbuh tipis sebesar 1,6% dibandingkan bulan sebelumnya yaitu 29.281 unit. Pada segmen ini Supra series memberikan kontribusi terbanyak, terjual 15.337 unit, Revo series 7.012 unit, Sonic 150R 5.400 unit, dan Blade sebesar 2.005 unit.
Kembali PR buat Honda bahwa mereka Harus segera mengupgarde Blade agar semakin punya kontribusi.

Bagaimana dengan sport total Honda menjual 19.648 unit alias menguasai pasar nasional Agustus 2016 sebesar 44,2% . CBR series memberikan kontribusi terbanyak sebesar 8.856 unit, kemudian CB150R 7.082 unit, Verza 3.554 unit, Megapro 151 unit, serta big bike sport series terjual 5 unit.

Dari angka penjualan diatas terlihat pada sisi matik Honda masih punya peluang untuk terus meningkatkan penjualan, misal saja mengeluarkan Honda Zommer kemudian juga counter part dari Yamaha X-ride, Yamaha NMAX. Jika Honda berhasil merilis produk yang dapat menahan laju produk kompetitor yang moncer jelas saja akan mempengaruhi penguasaan pasar saat ini.

Pada Bebek pun demikian, Honda Blade belum lah tersentuhhh sama sekali, sementara sudah terjadi pembaruan pada produk yang lain, maka refreshment Blade sangat perlu, mengikat standar kubikasi yang telah meningkat ke 150cc untuk bebek yang memiliki dna sport.

Tak terlepas pada segmen sport juga demikian, walaupun telah merilis CBR250RR yang belum jelas harga plus spesifikasi teknisnya, masih ada celah untuk Honda menambah presentasi penguasaan pasar segmen ini, apalagi kalau bukan merilis motor enduro yang cukup digemari saat ini, belum lagi kalau Honda mau bikin versi X dari setiap street bike mereka, pastinya akan sangat menarik dan memberikan kans lebih baik untuk menguasai pasar secara mutlak, harus diingat bahwa keberanian KTM Indonesia menurunkan harga jelas akan mempengaruhi peta motorsport di area perkotaan.

Yang terakhir adalah PR terbesar AHM yang belum kelar dari tahun 2011 TB sudah sangat sering bahas, apalagi kalau bukan ketersediaan part lah, kasus CBR150R putih yang pernah TB tulis di sini merupakan contoh bahwa Honda tidak melakukan perbaikan yang signifikan atau bahkan boleh dikatakan stagnan dalam menyediaan layanan purna jual yang paripurna.
Sangat lucu kalau dealer 3S Honda hanya menjual oli, kanvas rem dan bola lampu….!!!

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s