Susah susah gampang memoto sunrise atau sunset di pantai-pantai Belitung

Kalau melihat foto sunrise maupun sunset TB selalu terkagum-kagum, penasaran dan pingin juga memiliki foto seperti yang para fotografer foto. Yupps rasa penasaran ini lah yang kemudian membuat TB menekuni bidang fotografi dan aseekkkk ternyata brooo…

160803_raw_tanjungpendam-sunset_0015-art

Nah ternyata, kamera oke, plus lensa yang bagus nggak bisa begitu saja mendapat kan best picture mendekati situasi asli saat sunset dan sunrise terjadi, sooo kudu ada tools tambahan yang wajib di miliki :

1. Tripod, untuk memoto saat kondisi sunrise maupun sunset sangat diperlukan mengingat saat sunrise maupun sunset kondisi cahaya yang tidak menentu, saat cahaya memiliki intensitas sedikit maka perlu penyangga kamera agar saat minim cahaya memerlukan waktu shutter yang lama, akibatnya untuk menghindari shake atau getaran perlu tripod. Selain itu juga untuk memmbuat foto kreatif dengan long ekposure tentu memerlukan tripod juga.

2. Filter GND dan ND, dua tools ini rasanya wajib dimiliki, karena keterbatasan kamera dalam membaca perbedaan intensitas cahaya dibandingkan dengan kemampuan manusia, sehingga kamera harus memilih kondisi cahaya mana yang kudu dipilih oleh kamera, karena kondisi cahaya sangat kontras maka memilih salah satu kondisi membuat kondisi yang lain akan terkorbankan. misalkan kamera memilih eksposure langit, hal ini akan menyebabkan kondisi dibawah misal saja laut akan menjadi gelap karena saat itu kondisi langit jauh lebih terang dari bawah atau laut misalkan, sooo untuk itu diperlukan filter GND, dengan Gradual Neutral Density membuat intensitas cahaya akan terhalangi pada salah satu sisi, akibatnya, perbedaan cahaya tidak terlalu kontras. Dengan demikian foto yang dihasilkan akan memiliki ekspoure yang lebih seimbang ketimbang tidak menggunakan filter, tentunya hal ini akan membantu agar detail foto tidak hilang karena over maupun under eksposure

3. Tabel pasang surut air laut
Kelihatan seperti lucu lucuan tapi percayalah kalau ente sering moto sunrise dan sunset di laut akan paham kalau hal ini penting…kenapa..??? Dengan tabel ini kita tahu kalau air laut akan pasang tinggi atau pasang rendah, karena 99% kalau moto sunset dan sunrise dilakukan dengan berendam alias nyeburrrr di air laut, yahh bukan apa-apa kadang kadang foreground yang kita mau ada di laut sehingga kudu nyeburrr. Nah dengan ada tabel tersebut kita tahu bisa nggak kita mencapai lokasi foreground kita, atau perlu mencari lokasi lain untuk foto sunset karena laut terlalu dalam.

4. Alas kaki yang baik, boleh pakai sendal gunung atau crocks, namun TB saranin pakai sandal Co Hai saja karena murah meriah dan kuat nggak mudah rusak kalau sandal yang pakai lem biasanya akan kalah dengan asinnya air laut. Cuma kalau sandal co hay terbuat dari bekas ban mobil agak keras namun kuat he he he yahh boleh saja mau pakai yang mana, tapi saran saya kalau udah pakai langsung rendam dengan air tawar yang diberi detergen.

5. Obat obatan terutama lotion anti serangga akan membantu Anda untuk menghindari dari gangguan agas atau kekap bahasa lokalnya untuk sebutan hewan seperti nyamuk yang menggigit kita saat berada di tepi pantai yang berbakau.

Okehh ini tips dan trick dari TB semoga bermanfaat yahh brooo, semua ditulis berdasarkan pengalaman langsung TB memoto sunset dan sunrise di Belitong, mau lokasi sunset dan sunrise PM ajahhh yahh Bro dan Sis he he he….

Iklan

One comment on “Susah susah gampang memoto sunrise atau sunset di pantai-pantai Belitung

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s