Kuliner Belitung : Gangan … sop ikan legendaris dari masa ke masa

Belitung sebagai satu destinasi pariwisata baru di Indonesia tentu saja sudah tidak asing lagi di jagad pendengaran Bangsa Indonesia, julukan Maldives nya Indonesia kerap terdengar keluar dari mulut travelers yang telah berkunjung. Nah kalau bicara jalan-jalan ke suatu lokasi rasanya belum lah lengkap jika belum merasakan kuliner khas di tiap daerah.

160904_RAW_gangan_0010-ART

Salah satu masakan lokal Belitong yang telah melegenda dari waktu ke waktu dikenal dengan nama Gangan. Gangan merupakan olahan ikan laut yang menggunakan rempah-rempah sehingga terciptalah hidangan yang lezzzzattt dan menggugah selera. Bagi penulis, ada sedikit perbedaan gangan dengan lempa kuning yang berasal dari Pulau Bangka, dimana rasa lempa kuning cenderung asam, sedangkan gangan lebih cenderung pedas manis, tetapi jangan khawatir kita bisa pesan untuk tidak terlalu pedas saat memesan gangan pada pemilik restoran.

Untuk menikmati kuliner Gangan ini, kita juga harus mendapatkan ikan yang juga bagus, ikan yang biasa dipergunakan dalam membuat Gangan ini supaya maknyuss saat disantap antara lain, Kakap Merah (lokal dialog Sentak), Ketarap (hanya bagian Kepala saja, dan pilih yang beratnya lebih dari 1 kilogram karena kalau kurang dari 1 kg biasanya ikan memiliki bau khas), Kurisi.

Nah biasanya restoran atau warung warung yang menjual seafood semuanya menyediakan menu gangan. Soo nggak usah khawatir bagi travelers yang pingin nikmatin hidangan ini. Tersedia di semua warung makan lokal yang menjual hidangan sea food.
Namun tentunya travelers perlu rekomendasi di mana saja sihhh tempat yang menjual hidangan gangan dengan rasa top markotopppp….!!!!
Baik penulis coba kasih rekomendasi dan tempat yang direkomendasikan telah penulis coba ya…

Pertama di kota Tanjungpandan sendiri :
– Warung makan Dapoer RR
Lokasi di Jalan Jl.Pattimura sebelah gg sukun, Tj. Pendam, Tj. Pandan,, Kabupaten Belitung, Kepulauan Bangka Belitung. Travelers bisa temukan di google maps.
Hidangan sudah dibuat per porsi dengan ikan kakap sentak sebagai menu utama, rasanya makyusss abisss kalau menurut penulis dan bikin ketagihan he he he …

Di seputaran Tanjungtinggi / Pantai Laskar Pelangi
– Rumah makan D04/Bang Udi
– Rumah Makan Cong Bu
– Kampong Dedaun

Belitung Timur.
– Rumah Makan Fega

Oke travelers itulah sedikit rekomendasi dari penulis mengenai salah satu kuliner khas Belitong, negeri laskar pelangi… Semoga bermanfaat ya.

Iklan

2 comments on “Kuliner Belitung : Gangan … sop ikan legendaris dari masa ke masa

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s