Ekspor lebih kencang dari domestik, siap-siap aja dipindahkan basis produksi

Masih ingat 5 tahun yang lalu mas bro.. apa an sihh he he, ingat nggak negara Thailand. Ketika itu kita-kita di Indonesia ngiri bin ngecesss, ya bagaimana nggak hampir semua pabrikan Jepang membuat negara tersebut sebagai pusat produksi global produk mereka.

Nah sekarang bagaimana ..??? Ya bukan apa-apa suka nggak suka pabrikan Jepang pindah ke Indonesia, lihat saja Yamaha R25, CBR150R, CBR250RR, dan banyak lagi produk-produk yang membuat iri biker negara lain. Penyebabnya bagi TB sederhana, yaaa pasar saja dan konsumen. Pasar dan konsumen di Indonesia merupakan salah satu yang terbesar untuk sepeda motor, dan hal ini juga ibarat ada gula ada semut, sampai akhirnya negara gajah putih pun ditinggalkan.

Namun dibalik itu pabrikan lokal yang telah memiliki produk global tentu nggak bisa tinggal diam, kerja harus semakin, keras, pasar domestik harus menjadi bidikan utama, Nah ketika bidikan sudah baik namun hasil eksekusinya nggak bagus… alias pasar lokal melempem, namun di sisi lain pasar Internasional jauh lebih baik, yaaah artinya ada yang salah dengan pabrikan lokal, kenapa…??? Yahh kalau kompetitor semakin mengrogoti artinya marketing lokal memang gak jualan.

Selain itu ketika eksport jauh lebih besar artinya juga pabrikan lokal siap siap aja ditinggalkan principal yang terus menjadi posisi aman, dengan menjadikan pusat-pusat produksi mereka lebih dekat pada konsumen mereka.

Nah masih Bangga pasar eksport lebih kenceng dari pasar lokal…??? MIKIRRRRRR ….

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s